Rio Haryanto Diundang ke Hongaria

Reporter: Akhmad Muawal Hasan - 24 Maret 2016
tirto.id - [caption id="attachment_2412" align="alignnone" width="1200"]
Pembalap Formula 1 dari Manor Racing, Rio Haryanto berada mobil MRT05 sebelum tes di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Rabu (24/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Pere/pras/16
Pembalap Formula 1 dari Manor Racing, Rio Haryanto berada mobil MRT05 sebelum tes di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Rabu (24/2/2016). ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Pere.[/caption]

Pembalap Formula 1 (F1) kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, diundang untuk tampil di Sirkuit Hungaroring, Hongaria, pada 23-24 Juli 2016 mendatang. Adalah Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, yang mengundang pembalap muda asal Solo itu meramaikan acara bertajuk "Indonesia Goes to School".

Agenda "Indonesia Goes to School" ini tidak hanya untuk mempromosikan olahraga, namun juga dunia seni dari Indonesia di Hongaria. Acara ini akan diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest, tepatnya di kota wisata di pinggiran Sungai Danube yang berbatasan langsung dengan Slovakia.

Setelah gagal finish di Australian Grand Prix pada 20 Maret 2016 lau, Rio sebenarnya masih akan menghadapi 9 lomba di negara-negara lain, yaitu Bahrain, Cina, Rusia, Spanyol, Monako, Kanada, Azerbaijan, Austria, Inggris, sebelum akhirnya ke Hongaria. Namun, Wening sudah jauh-jauh hari mengundang pembalap berusia 23 tahun tersebut untuk datang pada bulan Juli 2016 nanti.

Hongaria sendiri punya kenangan manis di kancah Formula 1. Negara yang berada di kawasan Eropa bagian tengah ini pernah memiliki pembalap yang turut tampil di ajang balap jet darat paling bergengsi tersebut, yakni Zsolt Baumgatner yang kala itu memperkuat tim Minardi. Adapun Sirkuit Hungaroring telah masuk ke daftar lintasan balap F1 sejak tahun 1986. (ANT)

Baca juga artikel terkait F1 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - )

Reporter: Akhmad Muawal Hasan

DarkLight