Rindu Kampung Halaman? Yuk, Mudik Secara Virtual via Street View

Reporter: - 25 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mudik secara virtual mudah untuk dilakukan bagi mereka yang rindu kampung halaman.
tirto.id - Hari raya Idulfitri 2020 terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tradisi mudik Lebaran kini tak bisa dilakukan demi memutus rantai penyebaran COVID-19 sesuai anjuran pemerintah.

Bukan berarti situasi dan kondisi itu memutuskan tali silaturahmi lantaran Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan keluarga, sanak saudara, dan orang terdekat.

Dengan menggunakan panggilan video, melakukan silaturahmi secara virtual efektif dilakukan. Jika merindukan suasana kampung halaman, mudik secara virtual pun bisa terlaksana dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Google Maps punya fitur bernama Street View yang dapat dimanfaatkan untuk menjelajahi kampung halaman. Street View di Google Maps tak hanya tersedia untuk perangkat bergerak, tetapi juga di web browser.

Street View memiliki tampilan peta dunia, setelah mengunduhnya dapat mengeksplorasi ke tempat-tempat yang ingin dituju, misalnya, ke rumah orang tua.

Selanjutnya, seret jari Anda jauhkan dua jari di layar untuk memperbesar tampilan peta ke kota dan alamat yang Anda tuju -- untuk memperkecil, lakukan gerakan mencubit di layar.

Setelah mendapatkan alamat yang tepat, Anda dapat melihat hasil Street View di sekitar wilayah tempat tinggal.

Kemudian, ketuk salah satunya, dan mulai berkeliling untuk melihat situasi sekitar rumah orang tua Anda, atau "berkunjung" secara virtual ke rumah-rumah tetangga.

Untuk berkeliling, geser ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan pemandangan 360 derajat. Anda juga dapat menggesek ke atas atau ke bawah pada garis biru.

Untuk melihat tampilan yang lebih luas dan mengubah ke mode lanskap, putar perangkat ke samping.

Anda juga dapat melihat hasil Street View di aplikasi Google Maps.

Pertama, masukkan alamat yang ingin dituju pada bagian penelusuran. Setelah menemukan alamat, ketuk tampilan foto kecil pada sudut kiri bawah, lalu mulai menelusuri jalanan tempat tinggal keluarga Anda.

Adapun Google Maps tersedia untuk perangkat Android dan iOS termasuk web browser yang bisa digunakan secara gratis.


Baca juga artikel terkait LEBARAN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Editor: Ibnu Azis
DarkLight