Revitalisasi JPO di Sudirman, Pemerintah Bangun 2 Pelican Crossing

Oleh: Damianus Andreas - 2 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Daud Joseph menyebutkan bahwa, revitalisasi JPO di Sudirman perlu dilakukan, karena memiliki tujuan yang sangat vital.
tirto.id - Direktur Operasional PT Trans Jakarta Daud Joseph menyebutkan, revitalisasi tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta perlu segera dilakukan. Daud pun mengatakan bahwa upaya revitalisasi tidak bisa dilakukan setengah-setengah, sehingga JPO pun memang harus ditutup hingga akhir Desember 2018.

“Revitalisasi pada JPO Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, dan Polda memiliki tujuan yang sangat vital. Maka perbaikannya pun membutuhkan konsentrasi,” kata Daud saat dihubungi sejumlah awak media pada Jumat (2/11/2018).

Sebagai solusinya, Daud menyebutkan bahwa sejumlah skenario telah dipersiapkan. Untuk pengganti JPO di Halte Bundaran Senayan, akan dibuat pelican crossing sebagaimana dapat dijumpai di Halte Bank Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan untuk menggantikan peran JPO di Halte Gelora Bung Karno untuk sementara waktu.

Apabila pelican crossing akan dibangun di dua halte tersebut, tidak demikian halnya dengan di Halte Polda. Daud mengungkapkan bahwa tidak akan ada pengganti JPO di Halte Polda yang secara total ditutup. Adapun untuk haltenya sendiri juga akan berhenti beroperasi selama masa revitalisasi.

“Untuk orang yang selama ini memakai Halte Polda, kami ada solusi, yakni menyediakan bus gratis untuk mengantarkan mereka dari Halte Polda itu ke pelican crossing di Halte Gelora Bung Karno,” ungkap Daud.

PT Trans Jakarta sendiri bakal menyediakan sekitar 8 unit bus untuk itu. Daud mengatakan bahwa pengguna bus tidak akan dikenakan biaya dan bakal tersedia setiap 5-10 menit. Sementara itu untuk rute perjalanannya sendiri, yakni mengantarkan penumpang sampai ke pelican crossing, kemudian kembali lagi ke Halte Polda lewat kawasan SCBD.

“Untuk mengantisipasi penumpang-penumpang dari Halte Polda yang pindah ke Halte GBK, untuk Halte GBK sendiri telah diperluas lebih dari dua kali lipat. Nantinya halte akan diperpanjang lagi sedikit, sekitar 10 meter. Seiring dengan dibangunnya pelican crossing di sisi selatan,” jelas Daud.

Untuk Halte Polda sendiri sudah akan mulai ditutup pada Jumat (2/11/2018) malam. Selanjutnya berturut-turut, revitalisasi JPO akan mulai dilakukan di Halte Bundaran Senayan dan kemudian ke Halte Gelora Bung Karno.


Baca juga artikel terkait JPO atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight