Review Film Animasi Luca Tayang di Disney+ Hotstar

Oleh: Dede Mudopar - 28 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Luca mengambil latar tempat di Italia tahun 1950-an di kota Portorosso.
tirto.id - Animasi berjudul Luca mulai tayang tanggal 18 Juni 2021 melalui layanan streaming Disney+ Hotstar. Film ini adalah hasil kerja sama antara Disney dengan Pixar.

Selain itu, Luca juga merupakan debut Enrico Casarosa sebagai sutradara dalam film animasi panjang. Casarosa mengungkapkan, dia memiliki visi untuk menceritakan masing-masing karakter sesuai esensi dan watak yang ada di dalam dirinya.

"Karakter-karakter ini datang dari esensi mereka masing-masing. Luca, yang punya rasa ingin tahu yang besar. Aku 'mencurinya' dari sisi diriku sendiri yang ingin menjelajahi dunia. Dan Luca memiliki bentuk yang lebih bulat dan murni," kata Casarosa dikutip dari Antara.

Dalam film ini, Jacob Tremblay bertugas sebagai pengisi suara karakter Luca Paguro yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Artis lain yang menjadi pengisi suaranya adalah Jack Dylan Grazer sebagai Alberto, Maya Rudolph sebagai ibu Luca dan Sacha Baron Cohen sebagai Uncle Ugo.

Sementara penulis naskah film ini adalah Jesse Andrews dan Mike Jones. Sedangkan Andrea Warren menjadi produsernya.

Ulasan Film Animasi Luca

Dalam ulasannya, Variety mengungkapkan, film ini adalah perjalanan nostalgia kota kecil yang mempesona secara visual, serta dongeng ikan di luar air yang sangat menyenangkan. Sebab, kisah ini menceritakan tentang monster laut anak laki-laki yang ingin pergi ke darat.

Sementara AP News menggambarkan film karya Casarosa ini sebagai fenomena datang dan pergi seperti angin musim panas yang lembut. Ia menjadi sangat menawan karena pengambilan gambar terakhirnya yang luar biasa.

Dalam monster laut manis yang hanya ingin melakukan apa yang dilakukan anak-anak lain. Luca menemukan metafora yang sederhana dan indah untuk semua orang yang merasa perlu menyembunyikan diri untuk menyesuaikan diri.

Film Luca mengambil latar tempat di Italia tahun 1950-an di kota Portorosso yang berada di daerah pesisir pantai Riviera. Bercerita tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama Luca Paguro bersama kawan barunya Alberto Scorfano yang merupakan seorang monster laut.

Kesenangan mereka menghabiskan musim panas itu terancam oleh rahasia yang hanya diketahui bahwa mereka adalah monster laut dari dunia bawah permukaan laut.

Petualangan mereka pun dimulai dengan menjelajahi dunia manusia dan berhasil ke luar dari laut. Mereka punya kemampuan berubah wujud dan berbaur dengan manusia selama tubuh mereka tetap kering. Dalam petualangannya itu, Luca juga bertemu dengan seorang gadis bernama Giulia Marcovaldo yang setuju untuk membantu Luca sebagai pemandu di dunia manusia.

Petualangan musim panas itu menjadi hal yang tak terlupakan bagi Luca. Dia dan teman-temannya mengisi petualangannya dengan mencoba gelato, pasta dan mengendarai skuter.


Baca juga artikel terkait LUCA atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight