Review Drama 18 Again: Tentang Pria yang Kembali Jadi Anak SMA

Oleh: Irkhas Febri - 23 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Drama ini menceritakan tentang Hong Dae Yong yang berusia 37 tahun kembali ke tubuh mudanya yang berusia 18 tahun dan jadi anak SMA.
tirto.id - Drama Korea 18 Again merupakan drama Korea fantasi romantis yang tayang di JTBC mulai 21 September 2020 dengan 16 episode. Drama itu juga bisa disaksikan lewat platform streaming VIU.

Dilansir dari situs Imdb, drama yang disutradarai oleh Ha Byung Hoon ini mendapatkan rating cukup baik yaitu 8,3 dari 10.

18 Again dibintangi oleh Yoon Sang Hyun sebagai Hong Dae Yong, Kim Ha Neul sebagai Jung Da Jung, Lee Do Hyun sebagai Hong Dae Yong muda sekaligus Go Woo Young.

Diadaptasi dari serial Amerika berjudul 17 Again yang tayang pada 2009 lalu, drama ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga antara Hong Dae Yong dan Jung Da Jung yang berada di ambang perceraian.

Namun hal di luar dugaan terjadi, tiba-tiba Hong Dae Yong yang berusia 37 tahun kembali ke tubuh mudanya yang berusia 18 tahun.

Suatu ketika saat reuni SMA, Hong Dae Yong yang mabuk pernah mengatakan kepada Jung Da Jung bahwa pernikahan meraka membuat kehidupannya jadi berantakan.

Kemudian keadaan diperparah setelah Hong Dae Yong dipecat dari perusahaan tempanya bekerja. Jung Da Jung yang sudah tak tahan dengan suaminya akhirnya mengajukan gugatan cerai.

Perceraian tersebut membuat Hong Dae Yong sadar bahwa banyak hal yang belum ia lakukan sebagai sosok suami sekaligus ayah untuk keluarganya. Ia menyesali semuanya hingga tiba-tiba tubuhnya berubah kembali menjadi pemuda berusia 18 tahun.

Sementara, dengan bantuan temannya Go Deok Jin (Kim Kang Hyun), ia merubah identitasnya menjadi Go Woo Young dan berusaha untuk beradaptasi kembali. Bahkan, Woo Young mendaftar sebagai siswa SMA di sekolah tempat kedua anak kembarnya belajar.

Pada saat itulah, Woo Young berusaha memperbaiki semua yang tak ia lakukan ketika dirinya berada di tubuh 37 tahunnya.

Hal itu karena Woo Young sadar, banyak hal yang ternyata tidak ia ketahui tentang Da Jung dan kedua anak kembarnya.

Ia berusaha untuk selalu hadir bagi keluarganya saat masalah mendera. Ia terus memberikan dukungan sebagai penggemar pertama Jung Da Jung yang memulai kariernya sebagai penyiar.

Woo Young juga mengajak anak laki-lakinya, Hong Shi Woo (Ryeoun) untuk bermain basket dengan percaya diri serta selalu menjaga dan menghibur anak perempuannya, Hong Si Ah (Noh Jeong Hee).

Drama ini banyak menyajikan momen mengharukan seorang ayah dan ibu yang sangat memperhatikan anak-anaknya.

Selain itu, drama ini juga menyajikan sejumlah konflik yang biasa terjadi antara pasangan, bahkan setelah mereka menikah.

Penonton juga diajak merasakan dan mendukung ketika Dae Young dan Da Jung berusaha menyelesaikan kesalahpahaman mereka selama ini.

Sutradara Ha Byung Hoon menyebutkan bahwa 18 Again adalah drama yang berusaha menunjukkan kisah individu dan konflik antara suami dan istri.

Masing-masing kisah dalam drama juga dikhususkan dalam satu episode untuk memperjelas keadaan rumah tangga yang terjadi.

Drama ini sangat layak untuk ditonton karena menghadirkan banyak nilai-nilai positif bagi keluarga. Seperti berani untuk terus mengejar mimpi walaupun sudah berkeluarga hingga bagaimana pentingnya dukungan keluarga bagi satu sama lain.

Nilai-nilai yang ada dalam drama ini juga menunjukkan bahwa keluarga punya fungsi yang sangat penting bagi pertumbuhan seorang anak.

Berbagai parodi dan humor jenaka yang ada di setiap episodenya membuat drama ini juga tak membosankan.

Selain itu, penonton juga terus dibuat penasaran bagaimana kisah pertemuan antara Hong Dae Yong dan Jung Da Jung saat mereka masih muda.



Baca juga artikel terkait 18 AGAIN atau tulisan menarik lainnya Irkhas Febri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Irkhas Febri
Penulis: Irkhas Febri
Editor: Maria Ulfa
DarkLight