Bursa Transfer Liga 1 2019

Reuni Evan Dimas dengan Hansamu Yama & Paulo Sitanggang

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 26 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Evan Dimas menyusul dua eks rekannya di Timnas U-19 Piala AFF 2013, Hansamu Yama dan Paulo Sitanggang yang lebih dulu bergabung dengan Barito Putera.
tirto.id - Evan Dimas telah resmi jadi bagian skuat Barito Putera pada Selasa (25/12/2018) malam kemarin. Transfer sensasional tersebut membuat Evan dipastikan bereuni dengan dua rekannya di skuat Timnas U-19 untuk Piala AFF U-19 2018 lalu.

Dua nama yang dimaksud ialah Paulo Sitanggang dan Hansamu Yama. Kedua nama ini telah lebih dulu jadi bagian skuat Barito Putera sebelum Evan meneken kontrak dengan manajemen Laskar Antasari.

Skuat Timnas U-19 di Piala AFF 2013 merupakan tim yang kerap mendapat sorotan besar. Pasalnya, saat itu tim yang diasuh Indra Sjafri berhasil merengkuh gelar juara.

Dalam turnamen yang sama, saat Evan Dimas jadi pencetak gol terbanyak Indonesia dengan lima gol. Dalam daftar top skor turnamen, capaiannya hanya kalah dari pemain Vietnam, Nguyen Van Toan (enam gol).


Dua Nama Lain Datang Lebih Dulu

Hansamu dan Paulo sudah jadi idola publik Banjarmasin sebelum kehadiran Evan. Hansamu bahkan jadi bagian Barito Putera sejak tahun 2015. Ia sempat dipinjamkan ke Bali United sebelum akhirnya kembali jadi bagian Laskar Antasari pada 2016.

Bersama Barito Putera, pada musim 2017, Hansamu tampil dalam 20 pertandingan Liga 1 dengan torehan dua gol. Sementara pada musim 2018 ia bermain di 19 laga Liga 1 dan menorehkan satu assist.

Sementara itu, Paulo Sitanggang jadi penggawa Barito Putera sejak pindah dari Mitra Kukar pada Oktober 2014. Sebagaimana Hansamu, ia sempat dipinjamkan ke Bali United pada Juli 2015, hingga akhirnya kembali ke skuat Laskar Antasari bulan April 2016.

Dalam ajang Liga 1 2017, Paulo Sitanggang tampil dalam 30 laga dengan sumbangan dua gol dan satu assist. Musim 2018, pencapaiannya melonjak. Ia tak pernah sekali pun absen dalam pertandingan Liga 1 (34 kali main) dan mengemas lima gol serta dua assist.

Sayang, performa ciamik Paulo tak diimbangi dengan peningkatan prestasi klub. Pada musim 2018, skuat asuhan Jacksen F Tiago hanya finis di peringkat sembilan klasemen akhir Liga 1, lantaran cuma mengemas total 47 poin.

Capaian tersebut lebih buruk dari tahun 2017. Saat itu Laskar Antasari mengakhiri Liga 1 dengan berada di peringkat tujuh, di mana total poin mereka adalah 53.

Kini, dengan kehadiran Evan, manajemen Barito Putera berharap ada dampak nyata. Apalagi Evan didatangkan dengan portofolio tak main-main. Sebelum hijrah ke Selangor FA pada awal musim 2018, Evan sempat membawa klub Liga 1 lain, Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017.

"Karena saya sudah komitmen sama Barito [Putera], jadi sebagai seorang profesional saya harus membawa Barito berprestasi di tahun depan," kata Evan Dimas.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight