Retinol Bisa Dipakai Umur Berapa dan Bagaimana Cara Menyimpannya?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 3 Agu 2022 08:11 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Skincare yang mengandung retinol apakah harus disimpan di kulkas dan retinol bisa dipakai umur berapa?
tirto.id - Retinol ramai menjadi perbincangan dan masuk salah satu pencarian terbanyak dalam Google Trends pada Selasa (2/8/2022).

Retinol adalah bahan aktif turunan vitamin A yang berfungsi sebagai anti aging atau perawatan untuk mencegah penuaan pada kulit. Retinol merupakan versi over-the-counter (OTC) atau versi yang mudah diakses tanpa resep khusus dari retinoid.

Di pasaran, bahan aktif ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis dan merek produk perawatan kulit wajah. Jenis-jenis produk yang mengandung retinol antara lain serum, toner, dan pelembab. Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah.

Skincare atau produk perawatan kulit yang mengandung retinol biasanya bisa digunakan saat Anda memasuki usia awal atau pertengahan 20-an sampai 30-an. Sebab, saat usia tersebut biasanya sudah mulai muncul garis halus dan juga keriput di sekitar wajah.

Dilansir dari laman Healthline, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa mungkin akan menggunakan retinol setiap hari. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak bisa menggunakannya setiap hari atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Menurut American Academy of Dermatology, hal ini termasuk orang-orang yang mengidap alergi kulit, eksim, dan rosacea.

Bahan aktif yang terkandung di dalam retinol memiliki konsentrasi tinggi sehingga jika dipakai setiap hari akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Retinol dapat mempercepat regenerasi kulit, tetapi jika bahan aktif ini digunakan setiap hari dapat membuat kulit menjadi kering, pengelupasan, hingga iritasi.

Alhasil kulit menjadi lebih sensitif karena terlalu sering memakai retinol. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan retinol sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

Lantas, bagi mereka yang cocok dan terbiasa menggunakan skincare atau produk berbahan retinol, bagaimana cara menyimpannya dan apakah harus disimpan di dalam kulkas?

Cara menyimpan skincare yang mengandung retinol



Praktisi bidang kecantikan dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK mengatakan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung retinol tidak harus disimpan di dalam kulkas.

"Mungkin teman-teman pernah baca atau lihat petunjuk penyimpanan produk-produk dengan retinol di kulkas. Tapi sebetulnya itu nggak harus," kata Sari Chairunnisa selaku VP of RnD PT Paragon Technology and Innovation seperti dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, Sari menjelaskan bahwa jika produk perawatan tersebut sudah diformulasikan dengan baik, maka produk tersebut cukup disimpan dalam suhu ruangan saja. Misalnya pada meja rias di kamar atau di kamar mandi selama tidak terlalu lembab.

Hal yang tidak dianjurkan dalam menyimpan kosmetik atau produk perawatan kulit adalah pada suhu panas yang ekstrem. Misalnya meninggalkan produk skincare di dalam mobil pada siang hari.

"Maksudnya gini, kalau dia sudah diformulasikan dengan baik, sebetulnya disimpan di suhu ruang juga cukup. Tambahan informasi lagi, kalau untuk kosmetik, selama nggak suhu ekstrim panas nggak apa-apa. Misal kadang ketinggalan skincare kita di mobil, jadilah dia rusak," jelasnya.

Selain itu, Sari juga mengungkapkan bahwa sebelum sebuah produk diluncurkan, produk tersebut sudah melewati berbagai uji dalam suhu yang ekstrim. Misalnya seperti di dalam freezer hingga di dalam oven.

Jika sebuah produk bisa disimpan dalam suhu ruangan, tandanya produk tersebut telah melewati masa uji yang ekstrem sebelum diluncurkan.

"Sebuah produk itu sebelum launching sebetulnya kita sudah uji agak ekstrim. Jadi di freezer, di oven, di suhu ruang, gitu. Jadi ketika produk yang kita pakai bisa disimpan di suhu biasa, itu berarti dia sudah diuji di berbagai kondisi ekstrim dan nggak apa-apa gitu," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight