Liga Champions

Respons Southgate Soal Dominasi Klub Inggris di Final UCL 2019

Oleh: Permadi Suntama - 10 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Southgate justru galau kendati dua klub Inggris akan bertemu di laga puncak Liga Champions pada Juni mendatang.
tirto.id - Gareth Southgate, menjadi orang yang paling berduka setelah 2 tim Inggris berhasil mencapai final Liga Champions. Pasalnya, juru taktik timnas Inggris tersebut sedang mempersiapkan The Three Lions untuk meraih gelar Liga Bangsa-Bangsa Eropa, pada Juni mendatang.

Dikutip dari Sky Sport, Gareth Southgate, sempat berkomentar pada Maret lalu, jika tim Inggris berhasil melaju ke final Liga Champions, hal itu akan mempengaruhi persiapan timnas yang akan berjuang untuk meraih gelar Liga Bangsa-Bangsa pertama kali. Pasalnya jadwal antara final Liga Champions dengan babak semifinal Liga Bangsa-Bangsa Eropa, hanya berjarak 3 hari.

"Jika dua tim kami mencapai final Liga Champions, maka kami tidak akan melihat mereka, setidaknya, sampai hari Senin (3/6/2019) sebelum kami bermain pada hari Kamis (6/6/2019),” kata Gareth Southgate, dikutip Sky Sport.

Selain itu, aroma kompetisi yang masih dibawa setelah Liga Champions, juga berpotensi akan membuat kerja sama antar pemain tidak berjalan dengan bagus.

"Kami sudah berada di semifinal, lolos enam bulan lalu dan peluang bagus untuk memenangkan sesuatu, dan kemudian Anda tidak benar-benar menyatu dengan tim. Dan dengan emosi permainan itu, dapatkah para pemain, bahkan bermain secara realistis pada Kamis malam untuk kita?” tambah pelatih 49 tahun tersebut.


Kendati begitu, Gareth Southgate, tetap memuji pencapaian tim-tim Liga Inggris di kompetisi Eropa dan menyebut staf pelatih akan mencari metode yang tepat untuk menyatukan tim dalam waktu yang singkat.

"Kami harus memiliki persiapan di sini [sebelum pertandingan], seperti pemusatan latihan, dan itu bisa berantakan [karena final Liga Champions]. Namun, ini adalah tantangan yang harus kami tangani sebagai staf pelatih," tutur Gareth Southgate, dikutip BBC.

Ia pun menyebut pertandingan-pertandingan seperti Liga Champions, dapat membantu perkembangan pemain-pemain timnas Inggris, khusunya pemain muda. Ia mengatakan, semua yang terlibat di dalam tim harus bisa beradaptasi untuk menghadapi situasi seperti itu.

"Bagi para pemain muda Inggris, sangat menyenangkan bermain dalam pertandingan yang sangat penting saat berada di bawah tekanan dan mereka menjadi sangat sukses, dan itu akan membantu Inggris dalam jangka panjang. Kami harus beradaptasi. Kami selalu memberi tahu pemain kami untuk beradaptasi sehingga kami harus melakukan hal yang sama. Kami masih bisa mempersiapkan tim untuk pertandingan dengan Belanda,” tandas Gareth Southgate.

Pemain-pemain yang akan terlambat bergabung dengan timnas Inggris, antara lain Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlein, Danny Rose, Kierran Trippier, Eric Dier, Dele Alli, Harry Winks, dan Harry Kane.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis