Respons Atlet Badminton Internasional Atas Pensiunnya Lee Chong Wei

Oleh: Oryza Aditama - 13 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tak sedikit praktisi bulu tangkis yang menyampaikan komentar simpatik, menyusul keputusan gantung raket oleh sang legenda hidup bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei.
tirto.id - Pahlawan bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, secara resmi telah mengumumkan pensiun dari dunia olahraga yang telah membesarkan namanya. Keputusan tersebut disampaikan dalam sebuah konferensi pers di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia, hari ini, Kamis (13/6/2019).

Akhir kisah perjuangan karir Lee Chong Wei sebagai seorang atlet bulu tangkis memang berjalan mengharukan, ia terpaksa gantung raket lantaran tersangkut masalah kesehatan.

Seperti diketahui, sejak Juli tahun lalu pemain peraih tiga medali perak Olimpiade tersebut harus menepi karena didiagnosa mengidap penyakit kanker hidung.

“Ini merupakan keputusan yang sulit untuk dibuat, tapi saya tak punya pilihan lain setelah berkonsultasi dengan dokter bulan lalu di Jepang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada warga Malaysia,” ucap Chong Wei dalam konferensi pers yang berjalan mengharukan. Seperti dikutip dari straitstimes.com, Kamis (13/6).


Tak ayal langkah yang akhirnya diambil oleh Chong Wei pun mengejutkan banyak pihak, tak terkecuali dari para pemain maupun mantan atlet bulu tangkis dari seluruh dunia.

“Ia pribadi yang mempunyai dedikasi sangat tinggi, performa serta konsistensinya yang tidak hanya setahun dua tahun. Oleh karena itu dia pantas disebut sebagai seorang legenda,” ujar Tommy Sugiarto, salah satu pebulu tangkis tunggal putra Indonesia. Sebagaimana dikabarkan oleh AntaraNews, hari ini (13/6)

“Semoga dia sembuh dari penyakitnya, dia bisa hidup dengan keluarganya lebih baik dan kesehatan tetap diutamakan,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh mantan tunggal putra Denmark, Peter Gade Christensen melalui akun Instagram pribadinya, @petergadeofficial.

“Lee Chong Wei yang terhormat, dunia bulu tangkis akan merindukanmu dalam segala hal! Terima kasih atas semua momen yang kami bagikan selama bertahun-tahun. Saya berharap yang terbaik untuk Anda di tahun-tahun mendatang bersama keluarga dan teman Anda!,” ungkap Peter Gade.

Salah satu pemain tunggal putra andalan India, Kidambi Srikanth, melalui akun media sosial Twitter, @srikidambi, juga tak ketinggalan menyampaikan doa serta dukungannya terhadap Lee Chong Wei.

“Doaku yang terbaik untukmu di masa yang akan datang, @LeeChongWei. Kamu akan selalu menjadi lawan yang tangguh dan pribadi yang luar biasa,” tulisnya.


Baca juga artikel terkait LEE CHONG WEI atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Oryza Aditama