Liga Italia

Resmi: AC Milan Tunjuk Marco Giampaolo Sebagai Pelatih Musim Depan

Oleh: Gilang Ramadhan - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marco Giampaolo resmi menjadi pelatih AC Milan musim depan.
tirto.id - AC Milan resmi menunjuk mantan pelatih Sampdoria, Marco Giampaolo, sebagai pelatih mereka untuk mengarungi musim depan pada Rabu (19/6) waktu Italia. Giampaolo memang santer dikaitkan menggantikan posisi yang ditinggal Gennaro Gattuso setelah memutus kontrak dengan Sampdoria.

"AC Milan mengumumkan penunjukan Marco Giampaolo sebagai pelatih baru Tim Pertama yang mulai berlaku sejak 1 Juli 2019. Perjanjian tersebut berlaku hingga 30 Juni 2021 dengan opsi untuk memperpanjang kontrak hingga Juni 2022," tulis pernyataan di laman resmi klub.

"Marco Giampaolo, lahir di Bellinzona, Swiss pada 2 Agustus 1967, telah melakoni 324 pertandingan di semua kompetisi selama karir kepelatihannya, 270 di antaranya adalah di Serie A. Giampaolo sekarang akan melatih tim utama AC Milan pada hari pertama pelatihan musim baru di Milanello pada 9 Juli."

Giampaolo menjadi pelatih ke-60 yang duduk di bangku cadangan sepanjang sejarah AC Milan serta kedelapan sejak hengkangnya Massimiliano Allegri pada 2014 silam.

Pada musim lalu, Giampaolo berhasil membawa Sampdoria finis di peringkat 9 klasemen akhir Serie A. Selain itu, salah satu penyerangnya, Fabio Quagliarella berhasil keluar sebagai top skor musim lalu dengan 26 gol, mengungguli bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

"Saya memiliki tiga tahun yang intens dan formatif di Sampdoria, di mana saya memiliki kesempatan untuk bekerja pada pembangunan ide," ungkap Giampaolo tentang pengalaman sebagai pelatih Sampdoria dikutip dari football-italia.

"Serie A menjadi lebih sulit dalam beberapa tahun terakhir, karena bahkan pelatih klub kecil pergi ke sana dengan mental yang tepat. Tentu saja, pemain top membuat perbedaan, tetapi beberapa ide dapat membantu mengurangi kesenjangan."



Sebelumnya, AC Milan secara resmi menunjuk Paolo Maldini sebagai direktur teknik anyar. Selain Maldini, legenda Rossoneri asal Kroasia, Zvonimir Boban juga ditunjuk sebagai Chief Football Officer baru. Boban berharap penunjukkan Giampaolo sebagai pelatih baru dapat membuat perubahan baik bagi AC Milan.

Sebagai pengganti Giampaolo, Sampdoria kemungkinan besar akan menggaet mantan pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus