Resep Nasi Goreng Kambing & Cara Memasaknya Agar Tidak Prengus

Kontributor: Sarah Rahma Agustin, tirto.id - 14 Jul 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Resep nasi goreng kambing bisa menjadi pilihan Anda, jika bosan dengan menu tongseng, gulai, atau rendang
tirto.id - Resep nasi goreng kambing bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan stok daging di kulkas.

Selain pembuatannya yang praktis, nasi goreng tidak banyak memakan waktu lama untuk memasak. Berikut resep olahan nasi goreng kambing dilansir dari bango.co.id.

Resep Nasi Goreng Kambing



Bumbu dan bahan:

- 300 gr daging kambing, diiris tipis atau dipotong kotak-kotak kecil (sesuai selera)
- 450 gr nasi matang (sebaiknya nasi yang dimasak sehari sebelumnya)
- 100 gr minyak samin
- 100 ml kaldu kambing (bila tidak ada, gunakan air matang)
- 2 cm kayu manis
- 1 lembar daun bay (semacam daun salam)

Bumbu halus:

- 7 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 4 biji cabe merah
- 2 biji cabe rawit merah
- ¼ sdt kunyit bubuk
- ¼ sdt jintan bubuk
- 2 biji cengkeh, dihaluskan
- 2 biji kapulaga, dihaluskan
- Kecap Manis , secukupnya
- garam, secukupnya

Cara Pembuatan:

1. Panaskan minyak samin di dalam wajan, masukkan kayu manis, daun bay, dan bumbu halus lalu tumis ingga harum. Tambahkan daging kambing ke dalamnya, kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata.

2. Tambahkan kaldu kambing, biarkan mendidih hingga daging kambing matang dan kaldu agak mengental.

3. Masukkan nasi dan kecap serta garam ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercampur merata dan nasi agak mengering.

4. Siap disajikan dengan acar dan emping/kerupuk.


Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus


Berikut ini sejumlah cara untuk mengilangkan bau prengus daging kambing.

1. Jangan cuci daging kambing pakai air

Merujuk laman resmi Bango, mencuci daging kambing dengan air hanya akan membuat bakteri penyebab bau makin menyebar. Hindari mencuci daging kambing jika akan memasaknya. Untuk membuang kotoran yang melekat pada daging, rebus dahulu daging hingga mendidih sebentar, kemudian buang airnya. Dengan begitu kotoran yang melekat juga akan terbuang bersama air rebusan.

2. Menggunakan buah nanas

Buah nanas sudah dikenal sejak lama dapat membantu menghilangkan aroma prengus di daging kambing sekaligus membantu mengempukkannya. Terdapat enzim bromelain di buah nanas yang berguna membuat daging empuk dan lembut.

Caranya mudah; cukup ambil sepotong buah nanas yang matang, parut dan ambil sari buahnya. Balurkan sari buah nanas tersebut pada potongan daging kambing yang masih mentah. Diamkan beberapa menit saja dan kemudian masak daging kambing.


Jika hendak memasak sate, cukup balurkan sari nanas ke potongan daging kambing dan bersihkan tanpa dicuci setelahnya. Daging akan wangi dan mudah empuk saat dibakar.

3. Pakai jeruk nipis

Perasan jeruk nipis bisa menghilangkan aroma prengus dari daging kambing. Tidak hanya daging kambing sebenarnya, karena untuk ayam dan ikan pun bahan ini sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk mengurangi aroma tajamnya.

Jeruk nipis mengandung bahan anti bakteri. Menggunakannya bisa membuat kandungan bakteri di daging menjadi berkurang, sehingga aroma tak sedap jadi hilang.

4. Gunakan rempah-rempah

Untuk menghilangkan bau daging yang kurang sedap, gunakan rempah-rempah tradisional. Boleh mencuci daging terlebih dahulu sebelum membalurinya dengan rempah-rempah yang digunakan untuk membumbui daging.


Rempah-rempat tersebut adalah jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh serta bawang putih yang dihaluskan. Sejumlah rempah itu merupakan bumbu yang sering digunakan untuk masakan gulai. Diamkan beberapa saat sebelum merebus daging dan menambahkan bumbu lain.

5. Buang lapisan lemaknya

Lapisan lemak di daging kambing adalah bagian yang paling menyimpan aroma tajam. Jika ingin lebih simpel maka pilihannya adalah membuang lapisan lemak itu. Untuk memudahkan, masukkan dahulu daging ke dalam frezer agar sedikit beku, lalu keluarkan dan sayat bagian lemaknya.

6. Pakai jahe dan garam

Jahe dan garam pun dapat digunakan untuk membantu mengurangi bau prengus daging kambing. Jahe dapat dihaluskan atau digeprek terlebih dulu sebelum dibalurkan ke daging kambing. Garam pun demikian, taburkan pada daging, diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air dan daging siap diolah menjadi masakan yang lezat.

7. Gunakan cuka

Cuka adalah pilihan yang lain, untuk menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing. Caranya, siapkan air matang hangat sebanyak 1 liter. Lalu, masukkan daging dan campurkan cuka 50 ml di dalamnya. Diamkan sejenak lalu tiriskan daging.

Baca juga artikel terkait IDULADHA atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight