Resep Es Buah Mangga yang Kaya Vitamin untuk Buka Puasa

Oleh: Balqis Fallahnda - 15 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Buah mangga kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan. Berikut ini resep membuat es buah mangga untuk berbuka puasa.
tirto.id - Es buah mangga bisa menjadi menu pilihan saat berbuka. Buah mangga yang harum dan manis memang cocok untuk menjadi penyegar setelah seharian berpuasa.

Buah mangga kaya akan vitamin A dan C. Selain itu, buah mangga juga mudah didapat karena merupakan buah tropis yang banyak di jual di pasar atau bahkan mungkin pohonnya ada di rumah Anda. Berikut resep membuat es buah mangga, dilansir dari laman Buavita.

Bahan


- 250 ml jus buah mangga

- 30 gram buah mangga

- 15 gram buah kiwi

- 15 gram buah strawberry

- Jelly warna-warni

- Es batu secukupnya

Cara membuat

- Siapkan wadah untuk menampung semua bahan

- Campurkan semua bahan

- Sajikan saat dingin, es buah mangga siap dinikmati

Mangga adalah buah yang rendah kalori tapi kaya akan nutrisi. Maka dari itu, mangga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat mangga bagi kesehatan melansir Medical News Today.

Mencegah kanker

Sebuah studi tahun 2014 dari Jepang menemukan bahwa buah-buahan dan sayuran yang mengandung karotenoid seperti mangga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Skin Cancer Foundation juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan beta-karoten, karena dapat membantu melindungi diri terhadap kanker kulit. Buah dan sayuran berwarna oranye, seperti mangga, mengandung beta-karoten yang tinggi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan serat, potasium, dan vitamin dalam mangga dapat membantu arteri bekerja dengan baik dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi mangga juga dapat meningkatkan kalium dan dapat mengurangi natrium, hal ini baik untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Mangga kaya akan vitamin A. Nutrisi ini membantu kulit menyediakan zat berminyak yang disebut sebum, yang berguna untuk melembabkan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Mangga juga kaya akan vitamin C. Vitamin C yang cukup dapat mendukung pengembangan dan pemeliharaan kolagen. Kolagen sangat berguna untuk kesehatan kulit dan rambut.


Baca juga artikel terkait RESEP MEMBUAT ES MANGGA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight