Rencana Jadwal Pramusim Liga 1 2021, Format, & Daftar Klub Peserta

Oleh: Iswara N Raditya - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
PT LIB berencana menggelar turnamen pramusim sebagai uji coba sebelum kompetisi Liga 1 2021 digulirkan di tengah pandemi COVID-19.
tirto.id - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar turnamen pramusim sebagai uji coba sekaligus pemanasan sebelum kompetisi Liga 1 2021 digulirkan di tengah pandemi COVID-19.PT LIB bahkan sudah merancang format turnamen dan daftar calon klub peserta untuk ajang yang diharapkan bisa dijadwalkan mulai 20 Maret 2021 tersebut.

Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memang belum mengeluarkan izin keramaian untuk digelarnya kegiatan sepak bola level nasional di tanah air. Namun, sudah adanya pertemuan antara PSSI, Kemenpora, dan Polri membuka harapan bagi PT LIB selaku operator untuk bisa mewujudkan turnamen pramusim dan kompetisi Liga 1 serta Liga 2 2021.

"Kami meminta kepada Polri agar izin bisa dikeluarkan secepatnya, jika memungkinkan sebelum tanggal 20 Februari 2021 karena rencananya kompetisi [turnamen pramusim] itu dimulai 20 Maret 2021. Dengan begitu, klub dan kami sebagai operator memiliki waktu persiapan cukup," harap Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, dilansir Antara, Senin (15/2/2021).

Akhmad Hadian sudah menyampaikan harapan tersebut dalam pertemuan dengan pejabat Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri di Jakarta, Senin kemarin.


Rencana Jadwal dan Format Turnamen

Diungkapkan oleh Akhmad Hadian, pihaknya berencana menggelar jadwal turnamen pramusim mulai 20 Maret 2021 mendatang, dengan catatan sudah mengantongi izin dari Polri tentunya. Turnamen yang akan diikuti klub-klub Liga 1 dan sebagian klub Liga 2 ini rencananya akan dihelat selama 37 hari dan tuntas sebelum Lebaran.

Di turnamen pramusim 2021 nanti, ke-20 tim peserta harus melewati fase penyihan grup. Klub terbaik akan melaju ke babak 8 besar, lalu semifinal, dan final.

Mengenai lokasi digelarnya turnamen, PT LIB sudah membidik 4 kota/kabupaten di Jawa dan Sumatera meskipun belum bisa diungkapkan secara rinci.

"Targetnya selesai dua minggu sebelum Lebaran tahun ini. Jadi sebagian laga akan berlangsung pada bulan puasa. Namun, untuk tempat penyelenggaraan, kami belum bisa sebutkan. Yang jelas di Jawa dan Sumatera," ucap Akhmad Hadian.


Akhmad Hadian Lukita juga mengatakan bahwa turnamen pramusim nanti akan melibatkan 20 tim sebagai peserta. Rinciannya, 18 tim adalah peserta Liga 1 2020 ditambah 2 tim dari Liga 2 musim 2019.

“Kami berharap 18 tim Liga 1 mengikuti kompetisi ini. Sementara sisanya dari Liga 2,” tutur Akhmad Hadian Lukita.

PT LIB berjanji akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk turnamen pramusim nanti. Jika uji coba tersebut dianggap berhasil oleh Polri, diharapkan izin menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 dapat segera direalisasikan.

"Polri akan mengevaluasi semuanya dalam turnamen pramusim ini seperti apakah sudah menjalankan protokol kesehatan dengan benar dan apakah suporter sudah patuh. Setelah itu baru dipertimbangkan izin untuk Liga 1 dan Liga 2," tutup Akhmad Hadian.


Daftar Tim Calon Peserta

Jika merunut perkataan Akhmad Hadian, maka 20 tim calon peserta turnamen pramusim nanti adalah sebagai berikut:

Arema FC, Bali United, Barito Putera, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Persipura Jayapura, Persib Bandung, PSS Sleman, PSIS Semarang, PSM Makassar, Persija Jakarta, TIRA Persikabo, Persik Kediri, Persita Tangerang, Persiraja Banda Aceh, dan 2 tim dari Liga 2 2019.

Baca juga artikel terkait JADWAL LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight