Pendaftaran TNI AU

Rekrutmen TNI AU 2022: Cara & Syarat Daftar Tamtama Lulusan SMP-SMA

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 30 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Rekrutmen TNI AU 2022 untuk Calon Tamtama Gelombang I dibuka pendaftarannya sampai 31 Desember 2021, dan bisa dilamar lulusan SMP/sederajat.
tirto.id - Rekrutmen TNI AU 2022 untuk Calon Tamtama Gelombang 1 telah dibuka. Jadwal pendaftaran TNI AU bagi lulusan SMP dan SMA sederajat ini dibuka selama tanggal 15 November - 31 Desember 2021.

TNI Angkatan Udara (AU) membuka rekrutmen Calon Tamtama ini bagi seluruh warga negara Indonesia. Mereka yang mendaftar posisi Calon Tamtama TNI AU harus telah menyelesaikan pendidikan minimal SLTP/sederajat atau SMA/sederajat.

Selain itu, usia pendaftar Calon Tamtama TNI AU paling rendah 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun di waktu pembukaan pendidikan. Adapun tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan ideal.

Semua pendaftar Calon Tamtama TNI AU yang diterima akan menjalani ikatan dinas. Mereka diharuskan meneken (tanda tangan) surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun. Surat perjanjian tersebut juga harus ditandatangani di atas kertas bermaterai.

Pendaftaran rekrutmen TNI AU 2022 Calon Tamtama Gelombang 1 ini bisa dilakukan secara online, tapi kemudian harus dilanjutkan dengan mendaftar melalui sejumlah Lanud.

Syarat Pendaftaran Rekrutmen TNI AU 2022 Calon Tamtama

Untuk mendaftar rekrutmen jadi Tamtama PK TNI AU ada persyaratan administrasi umum dan khusus yang harus dipenuhi. Mengutip laman Diajurit TNI AU, berikut persyaratan tersebut untuk gelombang I TA 2022:

1. Syarat umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945
  • Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2. Syarat khusus

a. Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTP/sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SLTA (bagi lulusan SLTA), SKHUN dan rapor pendidikan terakhir asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai Peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup)

b. Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku

c. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (bermaterai).

3. Syarat Tambahan

a. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

b. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan pertama berakhir.

c. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir (biaya pendidikan, gaji, tunkin).

d. Bagi orang tua atau wali, harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai).

e. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari kepala jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia mengundurkan diri dari status pegawai/karyawan bila lulus dan diterima masuk
pendidikan pertama.

f. Belum pernah kawin (menikah) dan sanggup tidak kawin (menikah) selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermaterai).

g. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal atau berhalangan tetap yang disahkan oleh kelurahan tempat domisili.

h. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

Cara Pendaftaran Rekrutmen TNI AU Online

Pendaftaran Tamtama PK TNI AU dapat dilakukan secara online di laman diajurit.tni-au.mil.id. Pendaftaran TNI AU 2022 untuk Calon Tamtama Gelombang 1 dibuka pada 15 November - 31 Desember 2021.

Berikut cara pendaftaran Rekrutmen TNI AU 2022:

1. Buat akun baru di situs diajurit.tni-au.mil.id/register.

2. Kemudian, isi formulir online dengan data-data berikut: nama lengkap; nomor KTP; alamat email; tanggal lahir; jenis kelamin; pilih jenjang (sesuai pilihan, misalnya Tamtama PK Gelombang 1).

3. Lalu, klik ikon DAFTAR dan lanjutkan proses hingga punya akun.

4. Setelah punya akun, lanjutkan dengan login di situs diajurit.tni-au.mil.id/login_auth

5. Login menggunakan username dan password yang telah diverifikasi melalui email.

6. Setelah itu, lengkapi biodata yang terdiri dari data pribadi, data pendidikan, data orang tua/wali, dan data penghargaan.

7. Cetak Kartu Daftar Online dengan mengunduh file PDF-nya melalui akun masing-masing.

8. Daftar ulang ke Lanud tujuan dengan membawa persyaratan yang tertera di Kartu Daftar Online.

9. Informasi alamat lanud-lanud tujuan untuk tempat pendaftaran selanjutnya bisa dicek via link ini.

Informasi lengkap rekrutmen Tamtama TNI AU 2022 dapat dilihat melalui situs diajurit.tni-au.mil.id.

Baca juga artikel terkait REKRUTMEN TNI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight