Rekor Pertemuan Korsel vs Portugal Jadwal Piala Dunia 2022 SCTV

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 1 Des 2022 16:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut rekor pertemuan Korsel vs Portugal dan jadwal laga kedua tim di Piala Dunia 2022 live SCTV.
tirto.id - Rekor pertemuan Korsel vs Portugal justru menunjukkan keunggulan Taegeuk Warriors. Meskipun demikian, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan lebih layak untuk dinggulkan dalam laga kedua tim di Piala Dunia 2022 matchday 3 Grup H pekan ini.

Seturut jadwal Piala Dunia 2022 live SCTV, laga Korsel vs Portugal pada Jumat, 2 November 2022, dapat ditonton mulai pukul 22.00 WIB. Selain tayang via SCTV, pertandingan di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar tersebut disiarkan pula melalui live streaming Vidio, Mentari TV, serta Nex Parabola.

Portugal sudah pasti lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022 berkat raihan poin sempurna dari dua laga fase grup. Maka itu, terbuka kemungkinan Selecao das Quinas akan bertanding di matchday 3 Grup H dengan line-up pemain berisi formasi pelapis.


Di lain sisi, Korsel butuh kemenangan untuk meraih tiket 16 besar. Taegeuk Warriors kini berada di peringkat 3 klasemen Grup H dengan 1 poin dari 2 laga.

Sekalipun berhasil menang atas Portugal, nasib Taegeuk Warriors akan bergantung pada hasil laga Ghana vs Uruguay yang digelar pada saat bersamaan. Kemenangan Ghana bakal memastikan tim berjuluk The Black Stars itu melaju ke fase gugur bersama Portugal.

Jika laga Ghana vs Uruguay berakhir imbang dan Korsel unggul atas Portugal, penentuan tim yang menemani Selecao das Quinas ke 16 besar mesti didasarkan pada perbandingan selisih gol. Sebab, dalam kondisi itu, Ghana dan Korsel memiliki poin sama: 4 angka.

Korsel saat ini punya selisih gol minus 1, sementara Ghana 0. Artinya, untuk memperbesar potensi lolos 16 besar, Taegeuk Warriors harus berjuang menumbangkan Portugal dengan keunggulan lebih dari 2 gol.

Rekor Pertemuan Korsel vs Portugal

Rekor pertemuan Korsel vs Portugal sepanjang sejarah pertandingan kedua tim hanya mencakup 1 laga. Korsel pernah menghadapi Portugal di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang.

Bermain di Stadion Piala Dunia Incheon atau kandang sendiri, Taegeuk Warriors sukses membuat kejutan dengan menumbangkan Portugal lewat skor tipis 1-0.

Park Ji-sung kala itu menciptakan gol tunggal ke gawang Vítor Baía selepas memaksimalkan assist Lee Young-Pyo. Timnas Korsel yang masih ditangani Guus Hiddink akhirnya meraih kemenangan bersejarah atas Selecao das Quinas di bawah asuhan António Oliveira.


Raihan poin maksimal di laga penutup fase grup itu turut memastikan langkah Taegeuk Warriors menuju babak knock-out Piala Dunia 2002 dengan predikat juara Grup D.


Situasi hampir mirip kini dialami oleh Kim Min-jae dan kawan-kawan dalam partai pemungkas fase grup Piala Dunia 2022. Anak asuh Paulo Bento membutuhkan kemenangan demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Sayangnya, Taegeuk Warriors dipastikan tidak didampingi oleh sang pelatih dari pinggir lapangan dalam laga penentu ini. Paulo Bento mendapatkan kartu merah ketika Korsel menghadapi Ghana. Di laga ini, Korsel tumbang 2-3.

Ditambah lagi, untuk mengalahkan Portugal bukan perkara mudah. Cristiano Ronaldo dan kolega sejauh ini tampil sempurna di Grup H Piala Dunia 2022.

Usai menang 3-2 atas Ghana dalam laga menegangkan hingga menit-menit terakhir, Portugal pun menegaskan kualitasnya dengan mengempaskan Uruguay lewat skor 2 gol tanpa balas.

Kendati sudah pasti lolos ke 16 besar, tim besutan Fernando Santos itu diyakini akan tetap bermain maksimal demi mengincar rekor sempurna dan finis sebagai juara Grup H.

"Fokus utama para pemain Timnas Portugal ialah selalu memenangkan setiap pertandingan. Kami sudah lolos, tetapi tempat pertama [juara Grup H] tidak boleh lepas," kata André Silva, salah satu striker Portugal, dikutip dari laman resmi Federasi Sepakbola Portugal (FPF).

"Kami tidak takut dengan tim dari grup lain, kami hanya ingin menjadi yang pertama di grup ini," dia menegaskan.

Skor Head to Head (H2H) Portugal vs Korsel

Berikut data skor head to head (H2H) Portugal vs Korsel beserta hasil 5 laga terakhir yang diraih oleh masing-masing tim.

Hasil Pertemuan Terakhir Portugal vs Korsel:

14/06/02: Portugal vs Korsel 0-1

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Korea Selatan:


28/11/22: Korsel vs Ghana 2-3
24/11/22: Uruguay vs Korsel 0-0
11/11/22: Korsel vs Islandia 1-0
27/09/22: Korsel vs Kamerun 1-0
23/09/22: Korsel vs Kosta Rika 2-2.

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Portugal:

29/11/22: Portugal vs Uruguay 2-0
24/11/22: Portugal vs Ghana 3-2
18/11/22: Portugal vs Nigeria 4-0
28/09/22: Portugal vs Spanyol 0-1
25/09/22: Ceko vs Portugal 0-4.

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022

Berikut ini klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2022:

Tim Main Menang SG Poin
Portugal 2 2 3 6
Ghana 2 1 0 3
Korsel 2 0 -1 1
Uruguay 2 0 -2 1

Prediksi Line-up Pemain Korsel vs Portugal

Korea Selatan bakal memaksimalkan peran Son Heung-min di lini depan. Pemain Spurs ini dapat dipasang di posisi kiri untuk mendukung suplai bola ke Cho Gue-Sung sebagai penyerang utama.

Sementara itu, Portugal pun mempunyai duet Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Pemain Atletico Madrid, João Félix berpotensi menggenapi trio penyerang Selecao das Quinas.

Berikut ini prediksi line up Korsel vs Portugal:

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Yun, Kim Min-jae, Kim Young-Gwon, Kim Jin-su; Hwang In-Beom, Jung Woo-Young; Jeong Woo-Yeong, Kwon Chang-Hoon, Son Heung-min; Cho Gue-Sung. Pelatih: Paulo Bento.

Portugal (4-3-1-2): Diogo Costa; João Cancelo, Pepe, Rúben Dias, Raphaël Guerreiro; Bernardo Silva, Rúben Neves, William Carvalho; Bruno Fernandes; Cristiano Ronaldo, João Félix. Pelatih: Fernando Santos.

Live Streaming Korsel vs Portugal di Piala Dunia 2022

Jika tidak ada perubahan jadwal, Korea Selatan vs Portugal dalam lanjutan Piala Dunia 2022 dapat disaksikan melalui siaran langsung SCTV dan live streaming Vidio, Mentari TV, serta Nex Parabola.

Jam tayang siaran live Korsel vs Portugal pada Jumat, 2 Desember 2022 mulai pukul 22.00 WIB.

Untuk menonton laga-laga Piala Dunia 2022 di Vidio, penggemar sepak bola dapat memilih paket berlangganan. Tersedia Paket FIFA World Cup Qatar 2022 dengan 2 pilihan, yakni Paket 30 Hari Rp65.490 (untuk HP dan tablet), Paket 30 Hari Rp87.690 (untuk semua perangkat). Ada juga Paket Diamond (Liga Inggris) & Piala Dunia Rp631.590 (untuk semua perangkat). Harga yang tercatat sudah termasuk PPN 11 persen.

Jika hendak menyaksikan Piala Dunia 2022 via tayangan NEX Parabola, Anda bisa berlangganan paket seharga Rp749.000 dengan promo early bird Paket World Cup via potongan Rp50.000.

Link Live Streaming Korea Selatan vs Portugal - SCTV

Link Live Streaming Korea Selatan vs Portugal - Vidio

Link Live Streaming Korea Selatan vs Portugal - Mentari TV

*Jadwal Piala Dunia 2022 dan stasiun televisi yang menayangkan laga Korea Selatan vs Portugal dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom

DarkLight