Rekor Pertemuan Indonesia vs Thailand Gajah Perang Unggul

Oleh: Agung DH - 10 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rekor pertemuan Indonesia vs Thailand sampai saat ini masih dimenangkan oleh Negeri Gajah Putih.
tirto.id - Timnas Indonesia akan kembali berduel dengan Thailand untuk melakoni jadwal Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Laga Indonesia vs Thailand ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, pada Selasa (10/9/2019) pukul 19.30 WIB. Laga kedua Timnas di Asia Tenggara ini punya sejarah pertemuan.

Rekor Pertemuan Indonesia vs Thailand

Sebelum laga nanti berlangsung, Indonesia vs Thailand sudah dipertemukan dalam 69 kali duel dalam semua ajang. Dari keseluruhan pertemuan, Thailand mendominasi yakni dengan meraih 36 kali, sedangkan Indonesia baru 21 kali menang, sisanya 12 laga berakhir dengan skor imbang.

Terakhir kali Indonesia mencatatkan kemenangan atas Thailand dengan skor terbesar yakni pada 1962 silam di ajang tak resmi yakni Vietnam National Day. Saat itu Indonesia menang telak dengan 7-0. Di ajang SEA Games 1985 di Bangkok, Thailand sebagai tuan rumah membalas dengan skor yang sama.

Rekor kemenangan Thailand juga terjaga dalam lima pertemuan terakhir dengan Indonesia. Dari 5 laga terakhir, Thailand lebih unggul dengan meraih 3 kali kemenangan, sedangkan Indonesia hanya dua kali menang.

Kemenangan Thailand dalam 5 laga terakhir terjadi dua kali di Piala AFF 2016 dengan skor 4-2 (Babak Penyisihan Grup A) dan 2-0 (final leg kedua), dan terakhir di Piala AFF 2018 lalu saat menang dengan skor 4-2 atas Indonesia.

Sementara dua kemenangan Indonesia terjadi saat ajang Piala AFF 2010 dengan skor 2-1, lalu di final leg pertama Piala AFF 2016 dengan skor 2-1, di kandang sendiri.

Prediksi Indonesia vs Thailand

Di atas kertas Thailand lebih diunggulkan dalam laga nanti yang diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, kedua tim sama-sama mengincar poin penuh di laga kedua. Dalam laga perdana Thailand hanya bermain imbang 0-0 saat bertemu Vietnam. Sementara Indonesia harus menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3 di GBK.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy sendiri sudah menyiratkan, bakal memainkan pemain kelahiran Osas Saha untuk mempertajam lini depan. Osas kemungkinan akan berduet dengan Alberto 'Beto' Goncalves yang sudah mencetak dua gol dalam laga kemarin.

"Semua pemain sangat siap, secara mental sangat siap, mereka siap menerima kritik, dan beberapa dari kritik itu tidak adil. Pemain saya adalah petarung, pejuang yang sangat siap. Saya pikir laga ini kami akan memperlihatkan mentalitas yang lebih kuat, saya tahu lawan kami pun besok akan lebih kuat," kata McMenemy dikutip situs web resmi PSSI.

Sebaliknya, pelatih Thailand Akira Nishino kemungkinan bakal menurunkan Chanatip Songkrasin untuk menggantikan Supachai Jaided yang cedera pada laga kontra Vietnam.

Pelatih asal Jepang itu kemungkinan juga tak akan mengubah formasi di lini belakang dan lini tengah Thailand. Tristan Do, Adisorn Promrak, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan, menjadi empat bek sejajar di lini belakang. Sementara Sarach Yooyen, Tanaboon Kesarat, Supachok Sarachat berada di lini tengah untuk meredam serangan Indonesia.

Cara Menonton laga Indonesia vs Thailand

Laga Indonesia vs Thailand ini dapat disaksikan melalui live streaming di Mola TV. Selain itu, jalannya pertandingan dapat disaksikan melalui siaran langsung UHF di TVRI .






Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight