World Cup 2022

Rekor Pertemuan Brasil vs Kroasia di Piala Dunia: Samba Sempurna

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 9 Des 2022 12:06 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Rekor pertemuan Brasil vs Kroasia di Piala Dunia masih menjadi milik Tim Samba.
tirto.id - Rekor pertemuan Brasil vs Kroasia di Piala Dunia masih dipegang Tim Samba. Duel Brasil vs Kroasia terbaru dalam jadwal Piala Dunia 2022 digelar di Education City Stadium, Ar-Rayyan. Siaran langsung babak 8 besar World Cup 2022 Qatar ini dapat disaksikan di SCTV atau live streaming Vidio pada Jumat 9 Desember pukul 22.00 WIB.

Timnas Brasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menggilas Korea Selatan dengan skor telak 4-1. Sedangkan Kroasia meraih tiket ke babak 8 besar usai susah payah mendepak Jepang via adu penalti.

Pertandingan nanti sekaligus menjadi pertemuan pertama kedua di fase gugur Piala Dunia. Dua laga sebelumnya selalu terjadi di babak grup yakni di Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2014.

Dari 2 perjumpaan itu, Brasil selalu mengalahkan Kroasia.

Brasil vs Kroasia di Piala Dunia: Rekor, Hasil, dan Sejarah Pertemuan

Di Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman, Brasil dan Kroasia tergabung di Grup F bersama Australia dan Jepang. Duel Brasil vs Kroasia di Olympiastadion Berlin kala itu berakhir dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal yang dilesakkan Kaka jelang paruh pertama usai menjadi pembeda sekaligus mengantarkan kemenangan Brasil. Kroasia sendiri saat itu gagal lolos dari fase grup, sedangkan Brasil sukses menjadi juara grup dengan 9 poin.

Pertemuan kedua terjadi di Sao Paulo ketika Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Keduanya berjumpa di laga pembuka yang dihadiri oleh 62.000 pasang mata.

Laga berlangsung menarik dan Kroasia menciptakan kejutan di menit 11. Berawal dari serangan di sektor kiri, Marcelo salah mengantisipasi bola dan membuatnya mencetak gol bunuh diri.

Tapi situasi itu tak membuat Selecao panik.Dengan tenang Brasil perlahan meningkatkan intensitas permainan. Kerja keras mereka membuahkan hasil di menit 29 ketika sepakan kaki kiri Neymar membuat skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Neymar membawa Brasil balik memimpin lewat eksekusi penalti pada menit 71. Gol Oscar di menit 90 melalui skema serangan balik memastikan Brasil menang 3-1 saat itu.

Lagi, karena kekalahan tersebut, Kroasia gagal lolos dari fase grup dan Brasil menjadi yang terbaik di Grup A.


Head to Head (H2H) & Prediksi Piala Dunia 2022: Brasil Masih Unggul dari Kroasia

Duel Brasil vs Kroasia juga pernah terjadi di laga uji coba. Salah satunya pada 2005 ketika mereka bertemu di Poljud, Split, Kroasia. Hasil laga itu imbang 1-1. Niko Kranjcar membawa Kroasia unggul namun bisa disamakan oleh Ricardinho.

Pertemuan lain terjadi pada 2018, tepatnya dalam laga pemanasan jelang Piala Dunia 2018. Brasil memenangi laga 2-0 melalui gol Neymar dan Roberto Firmino di babak kedua.

Keunggulan Brasil atas Kroasia dalam beberapa pertemuan, baik di Piala Dunia maupun laga uji coba membuat Tim Samba lebih diunggulkan di perjumpaan terbaru nanti.

Akan tetapi, apa pun bisa terjadi di lapangan. Terlebih banyak kejutan terjadi di Qatar 2022 yang membuat sejumlah tim favorit harus mengalami kekalahan.

Brasil semakin tak bisa menganggap remeh Kroasia karena sang lawan adalah runner-up Piala Dunia 2018. Materi pemain Kroasia saat itu juga masih banyak yang turut bermain di Qatar.

"Laga ini tidak akan mudah karena Kroasia adalah runner-up di 2018. Kami akan memberikan yang terbaik seperti ketika melawan Korea Selatan. Kami mempersiapkan diri untuk menjalani laga yang bagus," kata pemain Brasil, Vinicius Junior di situs resmi FIFA.


Faktor lain yang membuat Brasil di atas angin adalah karena mereka masih memiliki Neymar. Pemain PSG itu adalah top skor Brasil ke gawang Kroasia dengan total 3 gol.

Di Qatar 2022 ini, Neymar juga bermain bagus kendati sempat absen di fase grup melawan Swiss dan Kamerun karena cedera.Kroasia sendiri tentu harus menyiapkan strategi khusus untuk meredam Brasil.

Harus diakui anak-anak asuh Tite bermain luar biasa saat menghabisi Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar. Sedangkan Kroasia bisa dikatakan lolos beruntung saat menang adu penalti atas Jepang.

Dominik Livakovic menjadi pahlawan Kroasia saat ia mementahkan 3 eksekusi penalti Tim Samurai Biru. Aksi Livakovic tentu akan dinanti lagi untuk bisa meredam barisan serang Brasil yang telah mengemas 7 gol di Qatar 2022.

"Kami akan menghadapi tim besar yang menjadi hal normal di perempat final Piala Dunia. Brasil tim yang kuat dan memainkan sepakbola bagus. Kami akan membuktikan diri dan berusaha lolos ke semifinal," tutur gelandang Kroasia, Mateo Kovacic.



Rekor Pertemuan Brasil vs Kroasia

Berikut ini rekor pertemuan Brasil vs Kroasia di semua ajang, baik di Piala Dunia maupun laga uji coba:
  • 13-06-2006: Brasil vs Kroasia 1-0 (Kaka 44')
  • 12-06-2014: Brasil vs Kroasia 3-1 (Neymar 29', 71'-pen, Oscar 90' / Marcelo 11'-og)
  • 17-08-2005: Kroasia vs Brasil 1-1 (Niko Kranjcar 32' / Ricardinho 42')
  • 03-06-2018: Brasil vs Kroasia 2-0 (Neymar 69', Roberto Firmino 90')

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight