Liga Inggris

Rekor Liverpool Tim Pertama Lolos Liga Champion (UCL) Musim Depan

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liverpool membuat rekor tim pertama yang lolos ke Liga Champions 2020/2021.
tirto.id - Liverpool resmi jadi tim pertama yang lolos ke Liga Champions Eropa (UCL) musim 2020/2021. Hal ini dipastikan setelah Chelsea tumbang 0-2 atas Manchester United dalam lanjutan Premier League pada Selasa (18/2/2020). Liverpool kini memiliki 76 poin dan sudah pasti finis di posisi empat besar Liga Inggris musim ini.

Babak knock-out Liga Champions musim ini baru bergulir pada Rabu (19/2/2020). Sementara, Premier League masih menyisakan 12 pertandingan lagi. Namun, Liverpool sang juara bertahan UCL sudah resmi menjadi salah satu pengisi empat slot wakil Liga Inggris di Liga Champions musim depan.

Saat ini, dengan 76 angka, Liverpool unggul 36 angka dari Tottenham Hotspur sang peringkat kelima (40 poin). Namun, akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (22/2), Spurs akan menghadapi posisi keempat, Chelsea (41 angka). Artinya, salah satu dari Totttenham atau Chelsea akan kehilangan angka, dan tidak bisa menyapu bersih 12 laga terakhir.

Jika Tottenham menang atas Chelsea, lantas menambah 11 pertandingan lagi, sedangkan Liverpool selalu kalah, maka kedua tim akan sama-sama memiliki 76 poin. Artinya, Chelsea maksimal punya 74 poin dan finis di bawah Liverpool. Sementara, jika Chelsea yang menang dalam Derbi London, nilai maksimal Tottenham hanyalah 73 angka.

Di sisi lain, saat ini tim yang finis di urutan kelima klasemen Liga Inggris berpotensi lolos langsung ke penyisihan grup Liga Champions musim depan. Hal ini terjadi karena Manchester City terkena hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa, entah itu Liga Champions atau Liga Eropa, dalam dua musim beruntun.



Manchester City Menunggu Hasil Banding

Manchester City menyatakan banding atas keputusan UEFA tersebut ke CAS (Court of Arbitration for Sport). Tom Morgan dari Telegraph melaporkan, City dan tim hukum mereka memberi jaminan kepada skuad The Citizens bahwa banding ini akan sukses paling tidak pada akhir Mei 2020, dan dengan demikian, ada potensi sanksi dari UEFA itu dicabut.

Manchester City sendiri dalam pernyataan mereka soal sanksi UEFA, menitikberatkan kepada ucapan ketua investigasi UEFA yang sudah terlebih dahulu menyiratkan hukuman untuk The Citizens sejak Desember 2018.

"Sederhananya, ini adalah kasus yang diprakarsai oleh UEFA, dituntut oleh UEFA dan diadili oleh UEFA. Dengan berakhirnya proses yang dimulai dari prasangka ini, klub (Manchester City) akan mencari pengadilan yang tidak memihak secepat mungkin; dan oleh karena itu, pertama (City) akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," keterangan resmi klub pada Jumat (14/2).

Khusus Pep Guardiola, sang pelatih Manchester City memiliki kontrak yang habis pada 30 Juni 2021. Dalam kontrak tersebut, Pep bisa saja meninggalkan klub lebih cepat, yaitu pada musim panas ini.

Dengan kondisi City dalam sanksi UEFA, peluang Pep pergi dari Etihad terbuka. Namun, Simon Stone dari BBC menyebut, sang juru taktik saat ini tetap berkomitmen menyelesaikan kontraknya hingga musim depan.

Komposisi Peserta Penyisihan Grup Liga Champions 2020/2021

Pada musim 2020/2021, komposisi peserta babak penyisihan grup Liga Champions masih seperti dua musim terakhir. Dari 32 tim yang tampil, 1 adalah juara bertahan Liga Champions, 1 juara bertahan Liga Eropa, 10 juara liga dari asosiasi urutan pertama hingga sepuluh, 6 runner-up dari asosiasi urutan 1 hingga 6, 4 tim peringkat ketiga dari asosiasi 1 hingga 4, dan 4 tim urutan keempat dari asosiasi 1 hingga 4.

Secara teknis, minimal ada 4 tim dari empat liga elite Eropa, yaitu Liga Spanyol, Inggris, Italia, dan Jerman. Selebihnya, 2 wakil dari Liga Perancis dan Rusia, lalu masing-masing 1 tim dari Portugal, Belgia, Ukraina, dan Turki.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight