Rekor Alisson di Copa America 2019: Clean Sheet Hingga Semifinal

Oleh: Beni Jo - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Alisson Becker berhasil meraih catatan clean sheet di semua laga di Copa America 2019 hingga babak semifinal.
tirto.id - Alisson Becker kembali sukses clean sheet di Copa America 2019. Sang penjaga gawang Brasil tidak kebobolan ketika timnya mengandaskan Argentina 2-0 di semifinal Copa America 2019, Rabu (3/7/2019). Dengan demikian, jika dihitung dengan laga di level klub, Alisson tidak terbobol dalam 846 menit beruntun.

Menjadi kiper utama Brasil, Alisson Becker mampu menjawab kepercayaan pelatih Tite yang lebih memilihnya daripada dua kiper cadangan, Ederson dan Cassio.

Dalam lima pertandingan di Copa America 2019 ini, gawang Tim Samba yang dikawal oleh Alisson berhasil clean sheet alias tidak pernah kebobolan di waktu normal.

Dikutip dari akun Twitter resmi Copa America 2019, Alisson sudah tidak kebobolan selama 846 menit beruntun dalam sembilan laga di level klub dan negara.

erakhir kali Alisson tak bisa mencegah gol tercipta ke gawangnya adalah, di level klub, ketika Liverpool menang 2-3 dari Newcastle di St. James Park pada 5 Mei 2019. Pencetak gol terakhir ke gawangnya adalah Salomon Rondon, yang mengemas gol pada menit ke-54 di laga tersebut.

Setelah itu, Alisson tidak terbobol dalam tiga laga terakhir Liverpool musim 2018/2019 menghadapi Barcelona, Wolverhampton, dan Tottenham. Ia juga meraih clean sheet dalam uji coba Brasil jelang Copa America, menghadapi Honduras.

Mengutip Squawka, bahkan sejak terakhir kali kebobolan, Alisson mampu meraih Golden Glove Liga Inggris (sarung tangan emas), memenangkan Liga Champions 2018/2019, dan mencapai final Copa America 2019.

Pada duel pembuka Copa America 2019, Brasil menang 3-0 atas Peru sekaligus menjadi kemenangan perdana bagi tuan rumah. Berikutnya, kembali Becker tidak kebobolan saat Venezuela mampu menahan imbang 0-0 pada duel kedua.

Sementara pada laga terakhir fase Grup A, Brasil menang 0-5 atas Peru dan kembali kiper 26 tahun itu tidak perlu memungut bola dari jaring gawangnya.

Paraguay menjadi lawan Selecao di babak perempat final. Di waktu normal, kedua tim bermain imbang 0-0 tanpa gol hingga laga berlanjut menuju babak adu penalti.

Pada fase adu tos-tosan ini, Brasil unggul 4-3. Alisson mampu mampu memblok tendangan algojo pertama Paraguay yang dilepaskan oleh Gustavo Gomez.

Dan pada laga semifinal, Brasil kembali tidak kebobolan setelah mengalahkan La Albiceleste dengan skor 2-0 hingga melaju ke pertandingan final dengan selalu berhasil clean sheet di waktu normal.

Saat melawan Tim Tango, menurut data Whoscored Becker sendiri mampu melakukan dua kali save, dengan akurasi umpan 77 persen, dan diganjar rating sebesar 7,16.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight