Rekomendasi Museum Dunia yang Dapat Dinikmati Secara Online

Oleh: Abdul Hadi - 5 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah museum tetap dapat dinikmati di tengah pandemi Corona. Dengan teknologi virtual, museum-museum itu tetap bisa ditelusuri pengunjung.
tirto.id - Di tengah pandemi corona COVID-19, serta imbauan pemerintah untuk berada di rumah dan melakukan physical distancing, bukan berarti rutinitas untuk menikmati karya seni terabaikan. Kendati kunjungan langsung ke museum tidak lagi bisa dilakukan, banyak museum terkenal dunia menyajikan pameran tur virtual yang dapat diakses secara daring.

Berkat bantuan internet, beragam karya dari seniman dunia dapat dinikmati kapan pun melalui tur virtual. Penikmat karya seni dapat menjelajah secara daring mulai dari museum di Korea Selatan sampai dengan museum di Los Angeles.

Demikian juga karya seni dari abad ke-8 masehi hingga era kontemporer, mulai dari karya seniman Belanda Vermeer dan Rembrandt hingga Vincent Van Gogh. Berikut ini rekomendasi museum dunia yang dapat dinikmati secara daring sebagaimana dilansir dari Travel Leisure:

1. Museum British, London

Museum ikonik yang terletak di jantung kota London ini menyajikan fasilitas tur daring. Pengunjungnya dapat menikmati batu Roseta kuno hingga displai mumi Mesir. Selain itu, tur virtual ini juga menghadirkan ratusan artefak yang dapat disaksikan secara daring.

2. Museum Guggenheim, New York

Tanpa meninggalkan rumah, kita bisa menikmati keunikan tangga spiral di museum Guggenheim yang terkenal itu. Dari sana, pengunjung bisa menemukan hasil karya seni luar biasa dari perupa impresionis, post-impresionis, modern, hingga seniman era kontemporer.

3. Galeri Seni Nasional, Washington D.C.

Terdapat dua pameran yang ditampilkan oleh museum terkenal di Amerika ini. Pertama, pameran fesyen Amerika dari 1740 hingga 1895, termasuk juga moda pakaian dari masa kolonial hingga era revolusi. Kedua, koleksi karya seni dari Pelukis Barok Belanda, Johannes Vermeer.

Kedua pameran tersebut ditampilkan secara daring dan bisa diakses melalui tur virtual dari platform Google.

4. Musée d’Orsay, Paris

Musée d’Orsay di Paris ini menyediakan layanan tur virtual dari karya seniman Prancis yang hidup antara 1848 hingga 1914. Anda dapat menikmati karya seni dari Monet, Cézanne, dan Gauguin, serta seniman-seniman lainnya.

5. Galeri Uffizi, Florence

Galeri seni di Itali ini dimiliki oleh keluarga Prancis terkenal, de'Medicis. Bangunan museum ini didesain oleh Giorgio Vasari pada 1560 yang dipersembahkan untuk Cosimo I de'Medici. Di tengah pandemi Corona ini, siapa pun bebas mengaksesnya secara daring.

6. Rijksmuseum, Amsterdam

Anda dapat menikmati karya-karya seni dari masa keemasan Belanda secara virtual, mulai dari karya seniman Vermeer dan Rembrandt. Tour daring ini dimulai dari tur perjalanan ke museum, yang menjadikan pengunjung dapat merasakan seolah-olah perjalanannya tampak nyata ke museum tersebut.

7. Museum Van Gogh, Amsterdam

Penggemar perupa ternama Vincent Van Gogh kini dapat menikmati pameran karya idola mereka secara virtual. Museum Van Gogh menghadirkan koleksi karya seni perupa ini, mencakup lebih dari 200 lukisan, 500 gambar, hingga lebih dari 750 surat pribadinya.

8. Museum The J. Paul Getty, Los Angeles

Karya seni Eropa dari abad ke-8 dapat ditemukan di museum seni California ini. Anda dapat melakukan tur virtual untuk menikmati koleksi dari lukisan, gambar, patung-patung, manuskrip, hingga karya-karya fotografi terkenal Eropa.

9. National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul

Salah satu museum paling populer di Korea Selatan ini dapat diakses secara virtual di mana saja selagi tersedia internet. Tur virtual yang difasilitasi Google membawa pengunjung ke enam lantai dari museum seni kontemporer untuk menikmati sajian karya seni dari Korea Selatan.

10. Museum Pergamon, Berlin

Salah satu museum terbesar di Berlin ini menawarkan banyak hal bagi pengunjungnya, kendati kita tidak bisa datang secara langsung. Melalui tur virtual, pengunjung bisa menyaksikan banyak artefak kuno, mencakup Gerbang Ishtar Babel dan tentu saja, Altar Pergamon.

11. MASP, São Paulo

The Museu de Arte de São Paulo adalah museum non-profit modern pertama di Brazil. Karya-karya seni yang dipamerkan ditata sedemikian rupa sehingga seolah-olah melayang di udara. Anda dapat melakukan tur virtual untuk menyaksikan displai menakjubkan secara daring.

12. Museum Nasional Arkeologi, Mexico City

Dibangun pada 1964, museum ini didedikasikan untuk Ilmu Arkeologi dan sejarah warisan pra-hispanik Meksiko. Museum ini memiliki 23 ruang pameran yang dipenuhi dengan artefak kuno, termasuk juga dari peninggalan peradaban Maya.

Selain 12 museum tersebut, masih banyak museum-museum lain yang juga dapat dinikmati secara virtual. Seperti dikutip upgradedpoints, setidaknya ada 75 museum dunia yang koleksinya dapat disaksikan hanya dengan gadget Anda

Baca juga artikel terkait MUSEUM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - )

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Agung DH
DarkLight