Rekomendasi Makanan Khas Bali, Ayam Betutu, Lawar, dan Sate Lilit

Oleh: Cicik Novita - 13 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini rekomendasi makanan khas dari Pulau Bali, mulai dari ayam betutu, sate lilit hingga lawar.
tirto.id - Selain pemandangan alam elok memukau dan sudah dikenal hingga ke mancanegara, Pulau Bali memiliki kekayaan kuliner yang unik serta beragam.

Makanan khas Bali punya cita rasa lezat serta menyehatkan yang sangat mudah ditemui di berbagai lokasi wisata.

Penduduk Pulau Bali banyak menggeluti bisnis kuliner yang sekaligus menjadi penggerak ekonomi daerah wisata tersebut.

Tak heran jika harga-harga makanan yang dijajakan penduduk setempat sangat terjangkau bagi wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Bali Pulau Dewata sebagaimana dilansir dari laman resmi denpasarkota.go.id.

Ayam betutu

Ayam betutu sudah jadi makanan khas Pulau Bali yang dikenal luas, bahkan bisa dijumpai di berbagai wilayah tanah air. Namun begitu, tetap saja menikmati ayam betutu di Bali pastilah berbeda.

Hidangan ini punya cita rasa pedas, gurih, dan kaya rempah-rempah dengan tekstur daging lembut walau dibuat dari ayam kampung. Betutu juga bisa dibuat dari bahan daging bebek.

Cara tradisional memasak ayam betutu memakan waktu hingga 12 jam, sampai benar-benar empuk dan bumbu meresap. Namun kini dengan bumbu lebih sederhana seperti dilansir laman Palmia berikut, Anda sudah bisa menikmati hidangan betutu lezat.

Kakul pan putu

Kakul atau siput dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat yang dapat Anda temui di Jl. Achmad Yani Utara, Denpasar dan wilayah sekitarnya.

Di antaranya adalah sop kakul, sate kakul, tumis dan oseng kakul. Makanan tersebut dipercaya dapat jadi obat untuk penyakit hipertensi.

Krupuk klejat

Klejat adalah sejenis kerang laut yang banyak terdapat di pesisir pantai Denpasar. Penduduk mengolah klejat menjadi kerupuk yang rasanya khas dan enak dikonsumsi sebagai camilan.

Rumput laut ala Serangan

Jika umumnya rumput laut diolah menjadi bahan makanan penutup seperti es campur atau agar-agar, maka di Bali berbeda.

Rumput laut jenis Kappaphycus alvarezii atau disebut bulung dalam bahasa Bali, dimasak menjadi lauk dengan campuran aneka bumbu dan disiram kuah ikan pindang. Makanan ini sering ditemui di sekitar Denpasar.

Babi guling

Babi guling yang jadi ciri khas masakan Bali diolah dari babi yang masih muda. Bumbu yang dipakai disebut bumbu genep Bali dengan aroma yang tajam, serta bagian perut diisi dengan daun kelapa hingga memberi aroma berbeda.

Babi lalu dipanggang hingga matang selama beberapa jam, lalu menu ini biasanya disajikan bersama lawar, jukut ares dan nasi.

Lawar

Lawar adalah makanan pelengkap yang terdiri dari aneka sayuran seperti kecambah, kacang panjang yang dipotong kecil, serai, parutan kelapa dan aneka sayuran lain seperti yang dilansir laman Dapurummami. Hidangan ini mirip dengan urap, namun cara masaknya bisa disangrai atau hanya direbus.

Sate lilit

Sate lilit khas Bali umumnya dibuat dari bahan utama seperti daging, ayam, ikan laut, tahu, atau udang yang digiling halus.

Setelah halus lalu dicampur rata dengan bumbu khusus dan kelapa parut kemudian dililitkan pada sebatang sereh atau bambu tipis.

Makanan ini kemudian dibakar hingga matang dan berwarna kecoklatan. Rasanya lezat dan bisa jadi rekomendasi untuk Anda penyuka seafood.

Masih banyak sajian kuliner Bali lainnya yang dapat Anda temui saat berada di sana, dengan cita rasa yang menggugah selera.





Baca juga artikel terkait REKOMENDASI MAKANAN KHAS BALI atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - )

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight