Rekomendasi Film Tentang Kapal Selam, The Kursk hingga Black Sea

Oleh: Yonada Nancy - 27 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Daftar dan rekomendasi film yang bercerita tentang kapal selam, ada The Kursk hingga Black Sea.
tirto.id - Terdapat sejumlah film yang berkisah tentang kapal selam. Film-film tersebut umumnya berlatar perang dan aksi. Beberapa film mengadaptasi sejarah, kisah nyata, sebagian lagi hanyalah kisah fiksi.

Bertahan hidup di kedalaman laut bukanlah perkara mudah, kurang lebih pesan itu kerap tersirat di setiap film bertemakan kapal selam.

Film-film tentang kapal selam direkomendasikan penggemar film aksi, perang, militer, thriller, maupun sejarah

Berikut ini beberapa rekomendasi film tentang kapal selam, baik dari genre drama, sejarah, thriller, hingga komedi.

The Kursk (2018)

Film The Kursk atau yang juga dikenal dengan judul The Command, merupakan film yang diadaptasi dari buku Robert Moore, "A Time to Die." Melansir IMDb, film ini rilis pada 2019 dan disutradarai oleh Thomas Vinterberg.

Film The Kursk menceritakan tragedi nyata yang terjadi pada kapal selam Rusia, K-141 Kursk pada tahun 2000.

Tragedi tersebut menyebabkan tokoh fiksi Mikhail Kalekof (Matthias Schonaerts) dan anggota pelaut lainnya menghadapi kematian yang ada di depan mata.

Dalam kondisi kapal selam yang kritis, keluarga anggota pelaut berjuang melawan rintangan politik dan kesombongan militer Rusia demi menyelamatkan keluarga mereka.

Selain menggambarkan kondisi mencekam di kedalaman, film ini juga menampilkan drama terkait kehidupan sang tokoh utama sebelum mengalami bencana tersebut.

Trailer film The Kursk dapat dilihat melalui link ini.

Black Sea (2014)

Rekomendasi film tentang kapal selam lainnya adalah film Black Sea. Film yang dirilis pada 2014 ini disutradarai oleh Kevin Macdonald dan ditulis oleh Dennis Kelly.

Menurut IMDb, film ini bercerita tentang seorang kapten kapal selam, Robinson (Jude Law) yang tidak lagi dibutuhkan dalam pekerjaannya.

Ia mempertaruhkan segalanya untuk kembali diakui oleh atasannya, dengan memburu harta karun bawah air dari U-boat Nazi yang tenggelam di Laut Hitam.

Harta karun tersebut berupa batangan emas yang tidak ternilai harganya. Dengan mengumpulkan beberapa awak, ia menyisir dasar Laut Hitam yang luas.

Sayangnya, tidak lama setelah harta karun ditemukan keserakahan membuat timnya terpecah. Hal itu justru mengantarkan mereka dalam penghianatan yang berbahaya.

Trailer film Black Sea dapat dilihat melalui link ini.

Greyhound (2020)

Film Greyhound merupakan film tentang kapal selam dengan genre aksi, drama, dan sejarah. Film ini disutradarai oleh Aaron Schneider dan rilis pada 2020.

Film Greyhound diadaptasi dari novel C.S Forester "The Good Shepherd." Kisah dalam novel tersebut terinspirasi kisah nyata dari Perang Atlantik.

Film ini berlatar pada 1942 bertepatan dengan Perang Dunia II. Greyhound menceritakan seorang komandan Angkatan Laut AS, Captain Krause (Tom Hanks) yang harus memimpin pasukan kapal sekutu yang membawa ribuan tentara melintasi perairan berbahaya bernama "Black Pit".

Kapal tersebut tidak dilengkapi perlindungan penutup udara, dan selama 5 hari ia memimpin pasukan untuk melawan U-Boat Nazi. Ia harus memastikan pasukannya menyerang, namun disisi lain harus tetap tidak terdeteksi.

Trailer film Greyhound dapat dilihat melalui link ini.

K-19: The Widowmaker (2002)

Film K-19: The Widowmaker merupakan film garapan sutradara Kathryn Bigelow yang rilis pada 2002. Film ini merupakan film tentang kapal selam lainnya yang berdasarkan kisah nyata yang berlatar tahun 1961.

Melansir Rotten Tomattoes, K-19: The Widowmaker berkisah tentang Alexi Vostrikov (Harrison Ford) yang harus memimpin kapal selam rudal nuklir milik Soviet, K-19. Ia bertugas untuk melaut dan berpatroli dengan kapal berbahaya tersebut.

Sayangnya, ditengah pelayaran pertamanya kapal selam nuklir tersebut mengalami kerusakan dan dapat menimbulkan bencana nuklir berbahaya. Vostrikov harus berpacu dengan waktu untuk mencegah serangan nuklir setingkat Chernobyl yang berpotensi memicu perang dunia.

Dalam kondisi kritis tersebut, Vostrikov harus memilih antara perintahnya atau nyawa anak buahnya.

Trailer film K-19: The Widowmaker dapat dilihat melalui link ini.

Down Periscope (1996)

Down Periscope adalah film tentang kapal selam yang sedikit berbeda dibanding jajaran film lainnya. Filim ini bukan bertema aksi, drama, ataupun sejara, melainkan komedi. Film yang disutradarai oleh David S. Ward ini dirilis pada 1996.

Film Down Periscope berkisah tentang Tom Dodge (Kelsey Grammer) yang bertugas sebagai Kapten kapal selam USS Stingray.

Tidak hanya bertugas memimpin kapal selam disel tua yang buruk, ia harus memimpin komando bagi para kru kapal yang memiliki perilaku aneh.

Sembari memimpin komando, Kapten Dodge harus menghadapi musuh bebuyutannya, Laksamana Yancy Graham (Bruce Dern) yang akan melakukan apa saja untuk melihat Dodge dipermalukan.

Untuk mempertahankan posisinya di Angkatan Laut bersama dengan krunya ia berjuang melawan USS Orlando betenaga atom untuk menghancurkan kapal perang tiruan.

Trailer film Down Periscope dapat dilihat melalui link ini.


Baca juga artikel terkait KAPAL SELAM atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight