Rekomendasi Film-Serial MCU Wajib Tonton Sebelum Black Panther 2

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans, tirto.id - 15 Nov 2022 15:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Film dan serial MCU yang wajib ditonton sebelum Black Panther 2.
tirto.id - Black Panther: Wakanda Forever menjadi film terakhir yang menutup Marvel Cinematic Universe (MCU) dari Fase 4.

Sekuel dari film Black Panther (2018) menceritakan tentang rakyat Wakanda yang berjuang untuk melindungi negerinya dari campur tangan kekuatan dunia. Masalah ini muncul usai kematian Sang Raja T'Challa (Chadwick Boseman).

Ratu Ramonda (Angela Bassett) bersama Shuri (Letitia Wright), M'Baku (Winston Duke), Okoye (Danai Gurira) dan pasukan Dora Milaje dibantu oleh Nakia (Lupita Nyong'o) dan Everett Ross (Martin Freeman) untuk melindungi Wakanda.


Potensi ancaman dari dunia juga membuat Namor (Tenoch Huerta) pemimpin bangsa Talokan muncul ke permukaan untuk melawan Wakanda.

Film garapan sutradara Ryan Coogler ini sekenarionya ditulis bersama dengan Joe Robert Cole. Film ini dibintangi oleh Letitia Wright, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Winston Duke, Florence Kasumba, Dominique Thorne, Michaela Coel, Tenoch Huerta, Martin Freeman, Julia Louis-Dreyfus, dan Angela Bassett.

Dalam situs IMDb, film ini mendapatkan rating yang sangat fantastis, yakni 7.4 dari 10 poin. Selain itu, dalam situs Rotten Tomatoes, film ini juga mendapatkan penilaian yang tinggi, yakni 84 persen berdasarkan ulasan Tomatometer dan 95% berdasarkan ulasan audiens.


Film-Serial MCU yang Wajib Tonton Sebelum Black Panther 2

Sebelum menonton Black Panther: Wakanda Forever Anda dapat menyaksikan deretan film dan series MCU berikut ini.

1. Captain America: Civil War (2016)

Captain America: Civil War berpusat pada konflik internal Avengers yang menyebabkan perpecahan antar-anggota. Mereka terbagi menjadi tim Tony Stark (Robert Downey Jr.) dan tim Steve Rogers (Chris Evans).

Di samping konflik antar-anggota Avengers, film ini juga memperkenalkan T'Challa sebagai Black Panther. Ia harus menerima takdir saat Raja T'Chaka (John Kani), ayah sekaligus Raja Wakanda tewas karena serangan bom teroris.


T'Challa pun harus menggantikan posisi sang ayah sekaligus berniat membalas dendam kepada Zemo (Daniel Bruhl) atas kematian ayahnya.

2. Black Panther (2018)

Black Panther melanjutkan perjalanan T'Challa sepeninggal sang ayah yang tewas saat pertemuan Sokovian Accords di film Captain America: Civil War (2016). Kini, T'Challa harus membuktikan dirinya layak menjadi Raja Wakanda. Sebelum penobatan, ia harus mengalahkan orang-orang Wakanda yang menantangnya bertarung.

Film ini juga mengenalkan bangsa Wakanda secara lebih mendalam, mulai dari kecanggihan teknologi, hingga prajurit-prajuritnya yang terlatih.

3. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War menjadi puncak saga MCU karena mempertemukan sekelompok pahlawan terkuat dunia, termasuk Black Panther. Mereka berhadapan dengan Thanos (Josh Brolin) yang tengah mengumpulkan Infinity Stone dan dapat menghilangkan separuh populasi manusia di bumi.

Dalam film ini, Wakanda juga menjadi tempat penting karena menjadi tempat yang dituju Avengers. Mereka berencana mengambil Mind Stone dari kepala Vision (Paul Bettany) agar tak diambil Thanos.

4. The Falcon and the Winter Soldier (2021)

Dalam serial yang tayang di Disney+ Hotstar ini, salah satu prajurit Dora Milaje, Ayo (Florence Kasumba) sempat muncul untuk menangkap Helmut Zemo (Daniel Bruhl), penjahat di Civil War. Bukan hanya itu, dalam serial ini, ditampilkan pula bagaimana prajurit Wakanda tersebut berkonflik dengan Bucky Barnes (Sebastian Stan).

Konflik Ayo dengan Bucky muncul pasca sembuh dari pencucian yang dilakukan oleh Madame Hydra alias La Contessa Valentina Allegra de la Fontaine (Julia Louis-Dreyfus).

Di serial ini pula Wakanda berperan besar untuk menciptakan kostum dengan teknologi vibranium terbaru untuk Sam Wilson (Anthony Mackie) yang baru saja dipercaya untuk menjadi Captain America yang baru.

5. What If...? (2021 - 2022)

Serial What If...? musim pertama bercerita tentang kondisi saat Peggy Carter (Hayley Atwell) menjadi Prajurit Super (Super Soldier) pertama. Agar bisa menjadi Prajurit Super, Peggy Carter harus mengikuti latihan brainstorming yang ketat.

Selain itu, musim pertama What If...? juga menampilkan Chadwick Boseman yang mampu menghidupkan kembali T'Challa sebelum kematiannya terjadi.

Sementara serial What If...? musim kedua alurnya bercerita tentang Guardians of the Multiverse yang meminta untuk menghentikan Infinity Ultron, The Watcher (Jeffrey Wright).


Baca juga artikel terkait BLACK PANTHER 2 atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight