Rekomendasi Film Keluarga untuk Libur Waisak 16 Mei 2022

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 14 Mei 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Daftar film untuk libur Waisak 2022 di berbagai platform streaming.
tirto.id - Hari Raya Waisak 2566 BE akan diperingati pada Senin, 16 Mei 2022 yang menjadi hari libur nasional. Peringatan hari Waisak berbeda setiap tahun, tergantung pada kapan bulan purnama pertama dari bulan lunar kuno Waisak terjadi. Biasanya pada tanggalan masehi, hari Waisak akan diperingati sekitar bulan Mei atau awal Juni.

Ada tiga peristiwa penting yang berlangsung saat hari Waisak yaitu kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama, laman resmi DhammaCitta melansir.

Untuk memeringati hari Waisak, umat Budha umumnya akan beribadah ke kuil dan melakukan beberapa ritual tertentu seperti meditasi dan berdoa.

Sebagai pengisi libur Waisak, bagi pemeluk agama lainnya dapat melakukan berbagai aktifitas yang bermanfaat di rumah atau menghabiskan waktu dengan bersantai bersama keluarga sembari menyaksikan film-film favorit.


Rekomendasi Film untuk Libur Waisak 2022


Berikut ini beberapa film rekomendasi untuk mengisi liburan hari raya Waisak 2022 mendatang yang ditayangkan pada platform Netflix dan Disney Plus:

1. Dolittle

Dolittle adalah sebuah film yang diadaptasi dari tokoh Dr Dolittle karya Hugh Lofting. Film bergenre komedi fantasi petualangan ini adalah garapan dari sutradara Stephen Gaghan yang juga sekaligus sebagai penulis skenarionya bersama dengan John Whittington.

Dibintangi oleh Robert Downey Jr, Antonio Banderas, Michael Sheen, Jessie Buckley dan lainnya, film ini memperoleh rating 5.6 dari 10 poin pada laman IMDb.

Alur film bercerita tentang petualangan seorang dokter hewan bernama Dolittle yang memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Karena suatu tragedi dalam kehidupannya, Dolittle terpaksa harus melakukan perjalanan menaiki sebuah kapal bersama beberapa kru hewan yang unik dan seorang anak magang demi mencari obat untuk kesembuhan Sang Ratu.

Dirilis pada tahun 2020, film yang berhasil memenangi 3 penghargaan di bidang perfilman dari 9 nominasi ini dapat disaksikan bersama-sama melalui chanel Netflix dengan durasi tayang 1 jam 41 menit.

Berikut link nonton Dr Dolittle di Netflix

2. STAND BY ME Doraemon 2

Stand by Me Doraemon 2 adalah sekuel dari Stand by Me Doraemon (2014) yang dibuat dengan animasi komputer 3D sehingga memiliki kualitas gambar yang tinggi.

Film ini adalah adaptasi seri manga Doraemon yang pengerjaannya digarap oleh sutradara Ryuchi Yagi dan Takashi Yamazaki.

Bergenre komedi fiksi ilmiah, sekuel ini berkisah tentang Nobita yang telah beranjak dewasa dan menikahi Shizuka. Namun ia ingin kembali ke masa lalu untuk menemui sang nenek yang telah meninggal ketika ia masih kecil. Nobita juga ingin menunjukkan kepada sang nenek sosok istrinya di masa depan.

Namun faktanya, Doraemon dan Nobita mengalami sebuah kecelakaan. Kisah selanjutnya akan menguras emosi dan air mata penonton, sehingga rating film ini pada laman IMDb tercatat cukup tinggi yakni 7.5 dari 10 poin.

Berdurasi tayang 1 jam 36 menit, Stand by Me Doraemon 2 mendapatkan 1 nominasi penghargaan Japanese Academy 2021 untuk kategori Best Animation Film.

Berikut ini link nonton Stand by Me Doraemon 2 di Netflix.

3. Petualangan Sherina

Film musikal Petualangan Sherina yang rilis tahun 2000 silam ini menandai kebangkitan film tanah air yang saat itu seperti mati suri.

Disutradarai oleh Riri Riza dan penulis skenario Jujur Prananto, film ini mendapatkan rating 7.8 dari 10 poin di laman IMDb.

Penampilan Sherina Munaf dan Derby Romero sebagai bintang utama menyedot banyak perhatian, ditambah akting dari Didi Petet yang mumpuni membuat Petualangan Sherina menghasilkan 1 piala kemenangan dari Asian-Pacific Film Festival (2000).

Tak hanya itu, film dengan durasi 1 jam 54 menit ini juga berhasil mendapat 6 nominasi Piala Citra di FFI (2004). Lokasi syutingnya dilakukan di Bandung oleh rumah produksi Miles Productions.

Bercerita tentang petualangan gadis kecil bernama Sherina yang pindah ke wilayah perkebunan di Bandung, ia harus beradaptasi dengan teman-teman baru termasuk salah satunya anak laki-laki bernama Sadam yang sombong. Sherina pada akhirnya berteman akrab dengan Sadam setelah sebuah peristiwa penculikan mereka alami.

Berikut link nonton film Petualangan Sherina di Netflix

4. Adit Sopo Jarwo - The Movie

Adit Sopo Jarwo the Movie rilis tahun 2021 dan merupakan adaptasi dari film seri animasi TV yang ditulis oleh Eki N.F, Deddy Otara dan Zulfa Asliha.

Film bergenre drama komedi ini adalah produksi MD Pictures dan MD Animation, serta disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan Eki N.F.

Kisah dalam film yang menjadi prekuel dari seri versi TV ini adalah tentang awal mula Adit berjumpa dengan Sopo dan Jarwo ketika Adit sedang dalam perjalanan menuju kota Yogyakarta.

Film ini dapat disaksikan pada link Adit Sopo Jarwo Hotstar berikut ini

5. Sang Pemimpi

Sang Pemimpi adalah film yang diadaptasi dari tetralogi novel best seller karya Andrea Hirata dengan judul sama dan terbit tahun 2006. Filmnya sendiri rilis 2009 dengan sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana.

Sebagai sekuel dari tetralogi tersebut, Sang Pemimpi berkisah tentang masa SMP dari tokoh utama film yakni Ikal, Arai dan Jimbron yang sudah beranjak remaja. Mereka berjuang menggapai cita masing-masing dalam keterbatasan di wilayah Belitung, serta mengalami cinta pertama yang menggelikan di masa tersebut.

Banyak mengambil lokasi syuting di Belitung, Manggar, Tanjung Pandan, Jakarta dan Bogor, Sang Pemimpi berhasil menjadi film pembuka pada ajang Jakarta International Film Festival (JiFFest) 2009.

Sinema ini juga menduduki tempat kedua film terlaris tahun 2009 dan mendapat rating 6.8 dari 10 poin di laman IMDb.

Berikut link nonton Sang Pemimpi di platform Hotstar


Baca juga artikel terkait LIBUR WAISAK 2022 atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight