Rekomendasi Film-Drama Korea untuk Rayakan Imlek & Cara Nontonnya

Penulis: Maria Ulfa - 27 Jan 2022 21:55 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Temukan rekomendasi drama dan film Korea yang dapat disaksikan bersama keluarga untuk menyambut perayaan Imlek serta cara streaming-nya di sini.
tirto.id - Menonton film dan drama Korea bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saat menyambut perayaan Imlek.

Merayakan Imlek dapat dilakukan secara sederhana di rumah. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menonton drama dan film favorit bersama anggota keluarga.

Cara ini cukup diminati mengingat situasi dan kondisi sekarang masih pandemi. Terlebih, menyaksikan film dan drama Korea dapat dilakukan di rumah saja secara streaming.


Rekomendasi Drama Korea dan Cara Menontonnya


Berikut ini adalah drama Korea yang dapat disaksikan bersama keluarga dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Cara menontonnya pun sangat mudah, cukup klik tautan yang disematkan. Namun, perlu berlangganan paket tertentu agar bisa menontonnya.

1. My Unfamiliar Family

Semakin tua, terkadang orang mulai sibuk sendiri dan kurang memiliki waktu dengan keluarganya. Mereka mulai bertemu dengan orang baru yang membuat mereka saling berbagi tentang perasaan, waktu hingga rahasia.

Karena hal itu, terkadang keluarga menjadi layaknya orang asing, dan orang lain bisa menjadi seperti keluarga.

Kim Eun Hee (Han Ye Ri) adalah anak kedua dari pasangan Kim Sang Shik (Jung Jin Young) dan Lee Jin Sook (Won Mi Kyung). Ia adalah tipe perempuan lembut dan penuh perhatian, ia juga mudah mempercayai orang lain.

Eun Hee bekerja di perusahaan penerbit. Ia memiliki konflik dengan kakak perempuannya, Kim Eun Joo (Choo Ja Hyun).

Drama Korea My Unfamiliar Family dapat disaksikan secara streaming di iQIYI. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.


2. Hi Bye, Mama!

Drama ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Cha Yu Ri (Kim Tae Hee). Yang mana, Cha Yu Ri telah meninggal dunia setelah kecelakaan tragis menimpanya 5 tahun lalu.

Cha Yu Ri meninggalkan suami, Jo Kang Hwa (Lee Kyu Hyung) dan anak perempuannya.

Akan tetapi, untuk bisa kembali menjadi manusia sebagai reinkarnasi demi bertemu dengan suaminya dan anak perempuannya, Cha Yu Ri diminta menyelesaikan misi yang harus dia selesaikan selama 49 hari.

Sementara itu, suami Cha Yu Ri, Jo Kang Hwa bekerja sebagai dokter bedah. Jo Kang Hwa adalah seseorang yang sangat ramah dan dicintai, tetapi, setelah istrinya meninggal, kepribadian Jo Kang Hwa mulai berubah.

Setelah 5 tahun berlalu, tiba-tiba Cha Yu Ri muncul kembali di hadapan Jo Kang Hwa.

Drama Korea Hi Bye, Mama! dapat disaksikan secara streaming di Netflix. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.


3. Reply 1988

Mengambil latar waktu di era tahun 80-an, drama ini sangat kental dengan nuansa nostalgia. Mulai dari gaya berpakaian, musik, dan film yang diputar, hingga alat komunikasi yang digunakan.

Reply 1988 juga semakin menarik karena dibumbui kisah persahabatan dan percintaan antara 4 laki-laki dan 1 perempuan.

Mereka adalah Choi Taek (Park Bo Gum), Kim Jung Hwan (Ryu Jun-Yeol), Sung Sun Wo (Go Kyung Pyo), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan terakhir seorang tokoh perempuan bernama Duk Seon (Hyeri Girl’s Day).

Selain menyuguhkan suasana nostalgia dan kisah persahabatan, drama ini juga dipenuhi dengan kisah kehangatan keluarga yang sederhana, serta keakraban dalam hidup bertetangga.

Drama Korea Reply 1988 dapat disaksikan secara streaming di Vidio.com. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.



Rekomendasi Film Korea dan Cara Menontonnya


Sementara, berikut ini adalah 3 rekomendasi film Korea yang bisa ditonton bersama keluarga dalam perayaan Imlek.

1. Kim Ji-young: Born 1982

Film Kim Ji-young: Born 1982 adalah adaptasi dari novel dengan judul sama yang terbit pada Oktober 2016. Film ini mengungkap tentang bagaimana menjadi perempuan dalam masyarakat patriarkal yang konservatif.

Film garapan sutradara Kim Do Young ini secara keseluruhan menceritakan Kim Ji-Young (Jung Yu Mi), seorang perempuan biasa yang mulanya bekerja di agensi kehumasan. Kim Ji-Young kemudian menikah dan memiliki seorang anak.

Beberapa dekade yang lalu, perempuan tidak diberi kesempatan untuk belajar dan harus membantu mendapatkan uang untuk keluarga. Perempuan juga perlu bekerja lebih keras untuk dikenali di tempat kerja.

Sedangkan Kim Ji-young adalah seorang perempuan Korea dengan usia 30-an, sering kali merasa berat dengan kesehariannya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Saat diketahui sedang hamil, Kim Ji-young dipaksa berhenti dari pekerjaan yang selama ini dia gandrungi dan harus menjadi ibu rumah tangga seutuhnya.

Hal tersebut membuat Ji-young perlahan mengalami banyak hal hingga dia kehilangan jati dirinya lantaran 'terperangkap' dalam rutinitas sehari-hari.

Lambat laun, Ji-young mulai berbicara atau berperan menjadi orang lain, dia kadang berbicara seperti ibunya, atau seperti kakak perempuannya dan banyak lainnya.

Film Kim Ji-young: Born 1982 dapat disaksikan secara streaming di Vidio.com. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.


2. Mothers

Film ini menceritakan perjuangan seorang ibu untuk mencintai seorang anak yang tiba-tiba harus menjadi bagian dari hidupnya.

Hyo Jin (Im Soo Jung) kehilangan suaminya karena kecelakaan. Dua tahun kemudian, ia mendapat permintaan untuk menerima Jong wook (Yoon Chan Young) yang berusia 16 tahun. Remaja ini lahir dari mendiang suaminya bersama mantan istri suaminya.

Setelah neneknya didiagnosa menderita demensia, Jong Wook diminta tinggal bersama Hyo Jin. Jong Wook tidak merasa nyaman dengan hal ini, tetapi akhirnya ia setuju.

Hyo Jin berusaha berteman dengan Jong Wook, tapi anak ini tidak menyambutnya. Tak lama, ia menemukan bahwa Jong Wook sedang berkeliling mencari ibu kandungnya.

Jong Wook diberi tahu bahwa ibunya telah meninggal, tetapi ia mulai mempertanyakan kemungkinan seandainya ibunya itu masih hidup.

Film Mothers dapat disaksikan secara streaming di VIU. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.


3. Be With You

Be With You diadaptasi dari Novel Jepang karya Takuji Ichikawa.

Film ini menceritakan tentang Woo Jin (So Ji Sub) yang hidup dengan merawat anak laki-lakinya sendirian setelah istrinya, Soo Ah (Son Ye Jin) meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Soo Ah pernah berjanji kepada Woo Jin bahwa ia akan kembali dan muncul di bawah hujan dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Satu tahun kemudian, Soo Ah benar-benar muncul kembali di hadapan Woo Jin dan anaknya, tapi ia tidak ingat dengan apa pun yang terjadi.

Film Be With You dapat disaksikan secara streaming di iQIYI. Kunjungi tautan ini untuk menontonnya melalui web browser.



Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight