Advertorial

Rekomendasi Buah Sebagai Sumber Vitamin: Beli di Tokopedia

Penulis: Advertorial, tirto.id - 28 Nov 2022 13:02 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada banyak jenis buah yang masing-masing memiliki kandungan vitamin berbeda-beda. Adapun tiga di antaranya ialah buah plum, mangga alpukat, dan nanas madu.
tirto.id - Ada begitu banyak manfaat mengonsumsi buah, salah satunya sebagai sumber vitamin. Mengonsumsi buah, misalnya, buah plum, mangga alpukat, dan nanas madu dapat menjadi pilihan. Ketiga jenis buah-buahan tersebut tersedia di Tokopedia.

Sebagai sumber vitamin, buah mengandung vitamin A, B, C, D, E, dan K. Buah juga sarat akan mineral dan serat pangan. Jenis kandungan lain pada buah yang bermanfaat adalah antioksidan, yang bisa memperlambat kerusakan sel-sel pada tubuh manusia.

Buah juga termasuk asupan rendah lemak dan kalori, sehingga baik dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi, jangan konsumsi buah dalam bentuk gorengan, jus buah dengan tambahan gula, atau keripik. Konsumsilah buah saat kondisi segar.

Karena begitu bermanfaatnya buah bagi tubuh, maka tidak heran jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setiap orang mengonsumsi buah minimal 150 gram per hari. Mengonsumsi lebih banyak selama dalam jumlah wajar akan lebih baik lagi.

Rekomendasi Buah sebagai Sumber Vitamin


Ada banyak jenis buah yang masing-masing memiliki kandungan vitamin berbeda-beda. Adapun tiga di antaranya ialah buah plum, mangga alpukat, dan nanas madu. Apa saja kandungan dan manfaat dari ketiganya?

1. Buah plum

Buah plum sangat baik untuk kesehatan tubuh, kendati masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat. Buah ini juga kaya antioksidan guna tangkal radikal bebas. Buah plum juga mengandung serat, kalium, mangan, magnesium, dan mineral lainnya.

Mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, dan K, buah plum memiliki sejumlah manfaat, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah sembelit, menjaga kadar gula darah, dan mencegah osteoporosis.

Selain itu, buah plum juga baik untuk kulit, lantaran kaya akan vitamin C, E, dan A serta mengandung beberapa nutrisi penting untuk kecantikan. Kulit Anda akan ternutrisi, terlihat kencang, dan awet muda dengan mengonsumsi buah plum.

2. Mangga alpukat

Berbeda dengan varian mangga lainnya, mangga alpukat cara memakannya unik dan rasanya manis. Memiliki tekstur lembut dengan sedikit serat, buah ini kaya vitamin C dan juga antioksidan. Mangga alpukat adalah hasil perkawinan antara mangga madu dengan mangga gadung.

Seperti buah lainnya, mangga alpukat juga memiliki manfaat yang mendukung kesehatan. Buah ini kaya mineral dan nutrisi. Lain itu, buah ini juga menjaga kesehatan pencernaan lantaran kandungan senyawa amilase dan serat makanan pada mangga alpukat dapat mencegah sembelit.

Di sisi lain, buah mangga alpukat memiliki waktu berbuah yang berbeda, mulai dari 3 sampai 5 tahun sejak ditanam. Pada awal panennya pun buahnya tidak banyak. Dari satu tanaman saja hanya mampu menghasilkan sekitar 10-15 buah ketika awal panen.

3. Nanas madu

Di samping memiliki kalori rendah dan nutrisi tinggi, nanas madu juga mengandung air yang cukup tinggi. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, buah ini juga kaya vitamin, mineral, dan nutrisi, yang membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Adapun sejumlah manfaat dari buah nanas madu, di antaranya ialah menurunkan risiko kanker, meningkatkan imun tubuh, meringankan gejala arthritis, dan membantu menurunkan berat badan.

Lain itu, nanas madu tinggi serat dan cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini juga mengandung bromelain, yakni enzim yang membantu memecah protein dalam makanan agar lebih mudah dicerna usus halus. Artinya, nanas madu baik untuk pencernaan.

Dikarenakan begitu banyaknya kandungan dan manfaat buah-buahan tersebut, sangat disarankan agar setiap orang lebih banyak mengonsumsi buah secara rutin. Ingin membeli ragam buah-buahan segar secara praktis tanpa keluar rumah, belanja saja di Tokopedia!
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Advertorial


DarkLight