Rekomendasi Aplikasi Kesehatan: Sehat Jiwa Hingga Infokes Mobile

Oleh: Adrian Samudro - 3 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daftar aplikasi kesehatan, mulai dari sehat jiwa, pendaftaran online hingga infokes mobile.
tirto.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meluncurkan sejumlah aplikasi kesehatan untuk menunjang pelayanan yang lebih mudah dan cepat bagi masyakarat.

Salah satunya adalah SehatPedia. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan Kemenkes dalam Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Kesehatan Dalam Negeri pada 2018 silam.

SehatPedia merupakan aplikasi kesehatan yang berfungsi untuk memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan terpercaya.

Kemenkes menyebutkan, aplikasi ini didukung oleh sejumlah dokter yang berasal dari 33 rumah sakit vertikal Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Menariknya lagi, SehatPedia juga menyediakan fitur konsultasi interaktif (live chat) yang dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi seputar kesehatan dengan dokter-dokter yang bergabung di aplikasi tersebut.

Dengan aplikasi ini pula masyarakat bisa mengetahui informasi terkait fasilitas pelayanan kesehatan, e-policy, dan melakukan pendaftaran rawat jalan secara online.

Selain SehatPedia, berikut ada sejumlah aplikasi lain dari/bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dapat diunduh melalui Play Store.


Indonesia Health Facility Finder (IHeFF)

Indonesia Health Facility Finder atau IHeFF adalah aplikasi yang dapat membantu Anda menemukan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang berada dalam radius 3 km dari titik lokasi Anda di peta.

Tak hanya rumah sakit, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menemukan apotik dan puskesmas yang ada disekitar tempat Anda berada.

Sehat Jiwa
Sehat Jiwa Indonesia adalah suatu aplikasi yang dikembangkan sebagai wadah komunikasi, edukasi serta informasi tentang kesehatan jiwa untuk lebih meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya hal tersebut.

Pendaftaran Online
Pendaftaran online merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui browser maupun perangkat Android.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Ditjen Pelayanan Kesehatan untum mengatasi antrian pasien di sejumlah rumah sakit.

Infokes Mobile
Aplikasi ini diluncurkan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam solusi kesehatan. Dengan Infokes Mobile, Anda dapat mendaftarkan diri ke puskesmas/klinik tanpa perlu antre dan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan langsung dengan ahlinya.

Sebelum menggunakannya, pastikan Anda sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. Selain itu, pastikan juga tempat pelayanan kesehatan yang dikunjungi sudah terintegrasi dengan sistem dari PT Infokes Indonesia (ePuskesmas/eClinic).


Baca juga artikel terkait APLIKASI KEMENKES atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight