Rekomendasi 9 Film Netflix untuk Menemani Weekend

Oleh: Abdul Hadi - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini rekomendasi 9 film di Netflix untuk menemani weekend, ada Lagaan: Once Upon a Time in India hingga Bumi Manusia.
tirto.id - Masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, menonton film adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di rumah untuk melepas kejenuhan.

Melalui laman media sosialnya, Netflix merekomendasikan 9 film panjang berdurasi lebih dari tiga jam untuk menemani akhir pekan ini.

Empat dari film tersebut merupakan produksi Hallywood, tiga lainnya dari India, dan satu dari Indonesia.

Hampir semuanya memperoleh rating tinggi, dengan penilaian di atas 7 dari 10 melalui situs film IMDB.

Beberapa di antaranya juga tergolong film terbaik sepanjang masa versi IMDB, seperti The Godfather Part II (1974), Schindler's List (1993), dan The Green Mile (1999).

Apa saja berdurasi panjang yang direkomendasikan Netflix? Berikut daftarnya:

1. Lagaan: Once Upon a Time in India (2001)

Film Lagaan ber-setting ketika India masih dalam penjajahan Inggris. Film ini bercerita tentang sekelompok orang dari desa kecil mempertaruhkan masa depan mereka pada permainan kriket.

Dengan durasi 3 jam 43 menit, film Lagaan menggambarkan perjuangan, dari sisi berbeda, antara orang jajahan dan kolonial Inggris yang mengokupasi India pada 1890-an.

Disutradarai oleh Ashutosh Gowariker, serta dibintangi oleh aktor kenamaan Bollywood seperti Aamir Khan, Raghuvir Yadav, dan Gracy Singh, Lagaan memperoleh rating 8,1 dari 10 dari situs film IMDB.

2. The Irishman (2019)

The Irishman bercerita tentang orang-orang kelas pekerja yang berhadapan dengan perseteruan mafia dan elite negara.

Film ini dikisahkan dari sudut pandang seorang veteran perang dunia II yang menjadi tukang pukul bisnis mafia.

Kompleksitas dunia mafia dan politik digambarkan sedemikian rupa dalam film berdurasi 3 jam 39 menit ini.

Disutradarai oleh Martin Scorsese, serta menggandeng aktor kenamaan seperti Al Pacino, Robert De Niro, Joe Pesci, dan Harvey Keitel, The Irishman memperoleh rating 8,1 dari 10 dari situs film IMDB.

3. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film ini bercerita tentang tokoh Rahul dari keluarga menengah ke atas di India, namun tidak diakui oleh ayahnya karena menikah dengan seorang wanita miskin. Pasangan ini kemudian pindah ke London untuk membangun kehidupan baru.

Bertahun-tahun kemudian, adik laki-lakinya yang telah dewasa, Rohan, memulai misi untuk membawa Rahul kembali ke rumah dan menyatukan kembali keluarganya.

Film Kabhi Khushi Kabhie Gham berdurasi 3 jam 39 menit ini disutradarai oleh Karan Johar dan memperoleh rating 7,4 dari 10 dari situs film IMDB.

4. The Godfather Part II (1974)

Lanjutan dari film gangster legendaris The Godfather I, Francis Ford Coppola meneruskan sekuelnya dengan bercerita tentang awal dan karir Vito Corleone di kota New York 1920-an.

Putranya, Michael Corleone memperluas dan memperketat cengkeraman pada sindikat kejahatan keluarga yang sudah terbangun.

The Godfather Part II ini berdurasi 3 jam 22 menit dan memperoleh rating 9 dari 10 dari situs film IMDB.

5. Schindler's List (1993)

Kisah Schindler menyelamatkan ribuan Yahudi saat kampanye anti-semit NAZI selama periode Perang Dunia Kedua memang amat melegenda.

Apalagi, Schindler juga dikenal aktif sebagai anggota Partai NAZI. Kisah inilah yang diangkat Steven Spielberg melalui film Schindler’s List.

Film ini turut menggandeng aktor kenamaan Liam Neeson, Ralph Fiennes, dan Ben Kingsley. Schindler's List berdurasi 3 jam 15 menit dan memperoleh rating 8,9 dari 10 dari situs film IMDB.

6. Titanic (1997)

Titanic sudah menjadi film romantis legendaris, bercerita tentang Jack dan Rose DeWitt Bukater, cinta antara perempuan bangsawan dan pemuda miskin di kapal Kapal RMS Titanic yang tenggelam pada 1912.

Disutradarai oleh James Cameron, Titanic dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan seperti Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, dan Billy Zane.

Film yang berdurasi 3 jam 15 menit ini memperoleh rating 7,8 dari 10 dari situs film IMDB.

7. The Green Mile (1999)

The Green Mile adalah film bergenre crime-drama-fantasy yang diadaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang John Coffey, pria yang secara fisik sangat mengintimidasi, tapi sebenarnya adalah orang kulit hitam berhati lembut dan memiliki kemampuan supranatural.

John Coffey tertuduh dalam sebuah kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap dua gadis cilik. Bagaimana John Coffey melepaskan diri dari tuduhan itu? Sutradara Frank Darabont mengisahkannya dalam film panjang berdurasi 3 jam 8 menit.

Karena keapikannya dalam alur dan penggambaran cerita, The Green Mile memperoleh rating 8,6 dari 10 dari situs film IMDB.

8. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Film Kuch Kuch Hota Hai merupakan film romantis dari Bollywood yang terkenal. Bercerita tentang cinta antara Rahul, Anjali, dan Tina.

Selama masa kuliah mereka, Anjali jatuh cinta dengan sahabatnya Rahul, tapi dia hanya memperhatikan Tina.

Bertahun-tahun kemudian, Rahul dan putri Tina yang berusia delapan tahun berusaha menyatukan kembali ayahnya dan Anjali.

Film berdurasi 3 jam 5 menit ini disutradarai oleh Karan Johar dan memperoleh memperoleh rating 7,6 dari 10 dari situs film IMDB.

9. Bumi Manusia (2019)

Film Bumi manusia bercerita tentang anak laki-laki Jawa asli, Minke, dan seorang gadis campuran-Belanda, Annelis, yang jatuh cinta selama pergolakan kolonial awal abad ke-20 di Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

Film berdurasi 3 jam ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film Bumi Manusia memperoleh rating 6,6 dari 10 dari situs film IMDB.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight