Rekomendasi 4 Film Dokumenter di Netflix untuk Menambah Wawasan

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 6 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah film dokumenter di Netflix menyuguhkan tema-tema yang bisa memberikan pengetahuan baru tentang banyak hal kepada penonton.
tirto.id - Menghabiskan waktu pada masa pandemi corona, saat kita dianjurkan lebih banyak beraktivitas di rumah, bisa dilakukan dengan cara-cara yang bermanfaat. Membaca buku, belajar memasak, dan mengikuti kursus online adalah sebagian di antara cara menghabiskan waktu di rumah.

Selain itu, untuk menambah wawasan, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah dengan menonton film dokumenter. Tidak hanya akan menambah pengetahuan, menonton film dokumenter pun bisa memberikan perspektif baru mengenai sebuah isu.

Dikutip dari Tapestryarts.org, manfaat lain dari film dokumenter adalah membantu kita memahami kondisi dunia saat ini. Banyak film dokumenter juga memiliki nilai inspiratif dan berdampak positif pada kehidupan seseorang.

Mengakses film dokumenter pun tidak sulit. Saat ini sudah banyak pilihan layanan streaming film, yang menyediakan banyak karya dokumenter, termasuk Netflix.

Netflix menyajikan banyak pilihan dokumenter dengan tema yang berbeda-beda. Berikut beberapa di antaranya yang sudah tersedia di Netflix Indonesia dan layak ditonton.

1. Jiro Dreams of Sushi

Konsistensi menjadi kunci keberhasilan. Inilah salah satu pesan yang bisa dipetik dari dokumenter yang dirilis tahun 2011 tersebut. Jiro Dreams of Sushi menangkap kisah masterchef Jiro Ono (85) di Tokyo yang mengabdikan hidupnya demi mengejar kesempurnaan hidangan khas Jepang, sushi.

Jiro adalah pemilik salah satu restoran sushi terbaik yang kepiawaiannya sudah diakui publik dunia dan mendapat predikat tiga bintang Michelin.

Film dokumenter ini menyorot dedikasi dan filosofi hidup Jiro yang tak lekang dimakan usia. Topik ini menjadikannya sebuah tontontan inspiratif yang mengajak penonton untuk terus meningkatkan kualitas diri. Tentu saja, penonton juga diajak melihat proses pembuatan sushi yang dikemas apik oleh sutradara David Gelb.

2. Fyre

"The greatest party that never happened", demikian tagline dari film dokumenter Fyre. Tontonan ini menyuguhkan cerita di balik bencana festival musik Fyre yang terjadi pada tahun 2017.

Film dokumenter ini mengikuti jejak Billy McFarlnd, otak di balik Fyre yang melakukan scam dan tipuan ulung demi mewujudkan festival yang sedianya digelar di pulau Bahama.

Festival yang juga dipelopori oleh rapper Ja Rule itu melibatkan Kendall Jenner, Bella Hadid dan sederet nama tenar lainnya untuk promosi. Namun, masalah demi masalah terjadi sebelum hari-H, salah satunya mengakibatkan para penampil mengundurkan diri, termasuk Blink-182.

Namun, para pembeli tiket tidak menerima informasi soal hal itu. Alhasil, setelah tiket terjual dan calon penonton terbang ke Bahama, festival yang dimaksud tak pernah terwujud dan tragisnya meninggalkan penonton terlantar tanpa akomodasi dan hanya disuguhi makanan seadanya.

Padahal, awalnya festival ini menawarkan pengalaman VIP. Kasus ini pada akhirnya melibatkan FBI dan penyelidikan yang berujung bui. Banyak hal bisa dipelajari dari Fyre. Sebagian di antaranya mengenai persiapan menggelar festival musik, strategi promosi, hingga penanganan krisis.

3. American Factory

Film dokumenter ini tentang perusahaan China, Fuyao yang mengambil alih bekas pabrik General Motos di Ohio. Berdurasi 1 jam 50 menit, film dokumenter American Factory mengisahkan tentang kehidupan para pekerja pabrik, termasuk intrik di dalamnya, hingga benturan budaya yang terjadi antara buruh Amerika dan China, terlebih karena faktor bahasa.

American Factory juga mempertontonkan perbedaan budaya kerja para buruh China dan Amerika. Dokumenter ini menang sebagai Best Documentary Feature dalam ajang Academy Award 2020.

4. Sour Grapes

Film dokumenter Sour Grapes mengupas aksi kriminal yang dilakukan oleh konglomerat Indonesia, Rudy Kurniawan terkait penipuan wine di luar negeri.

Berkedok kolektor wine yang disertai kelihaiannya dalam bersosialisasi, Rudy berhasil membangun reputasi dan menjual wine di ajang lelang.

Film Dokumenter ini menceritakan secara detail bagaimana Rudy berhasil mengecoh para pecinta wine dan meraup jutaan dollar dari aksinya. Kejahatan Rudy pada akhirnya terkuak dan keponakan Eddy Tansil ini pun harus menerima ganjarannya. Dalam film dokumenter ini kita bisa menilik seluk beluk industri wine yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Film)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight