Rekomendasi 3 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan untuk Program Diet

Oleh: Adrian Samudro - 13 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tiga aplikasi penghitung kalori, yakni Fatsecret, MyFitnessPal dan Calorie Counter dapat digunakan oleh mereka yang sedang menjalani program diet.
tirto.id - Dewasa ini berbagai metode diet penurunan berat badan sedang digemari banyak orang. Sejumlah metode itu dibutuhkan guna memperoleh berat badan yang ideal serta menjaga tubuh tetap sehat.

Sayangnya, tidak banyak yang berhasil melakukan program diet tersebut alias gagal total. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan, semisal kurangnya kontrol atas asupan kalori.

Terlalu banyak asupan kalori yang masuk ke tubuh dalam sehari sangat berpengaruh kepada berat badan, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik yang tinggi.

Kendati demikian, perlu diingat pula bahwa asupan kalori dalam jumlah yang sedikit juga sangat tidak disarankan. Pasalnya, kalori merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh.

Oleh karena itu, mereka yang sedang menjalankan program diet perlu memantau jumlah asupan kalori bagi tubuh setiap hari. Dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah ada beragam cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel.

Beberapa aplikasi bahkan tidak hanya memberikan perhitungan asupan kalori, tetapi juga jumlah karbohidrat dan lemak dari makanan.

Berikut rekomendasi tiga aplikasi penghitung kalori yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store.

1. Fatsecret

Aplikasi penghitung kalori makanan ini memiliki sejumlah fitur yang bisa dipakai untuk menunjang program diet. Misalnya, memperlihatkan jumlah asupan karbohidrat dan lemak dari makanan yang diinput.

Selain itu, Fatsecret juga memiliki koleksi resep sehat untuk membantu program diet. Ada pula database yang mencakup informasi gizi untuk semua makanan, merek dan restoran.

Program diet juga akan semakin dimudahkan dengan kehadiran fitur catatan harian. Fatsecret pun terintegrasi dengan sejumlah aplikasi kesehatan lain seperti Google Fit.

2. Calorie Counter

Calorie Counter bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sedang dalam program diet menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal. Seperti namanya, Anda bisa menangkal kalori makanan yang berlebih dengan aplikasi ini.

Selain menghitung asupan kalori, Calorie Counter juga memberikan informasi soal nutrisi harian dari makanan yang Anda masukkan datanya ke aplikasi tersebut.

Dengan aplikasi ini pula, Anda bisa merencanakan target pencapaian berat badan ideal dengan asupan nutrisi dari makanan yang dijaga setiap hari.

3. MyFitnessPal

MyFitnessPal bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang menyukai kuliner sehat. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memiliki jutaan database makanan di dalamnya.

Database ini berfungsi untuk memberikan informasi seputar nutrisi dari makanan. Dengan begitu, Anda bisa memilah makanan mana yang dirasa cukup untuk kebutuhan asupan kalori perhari.

Sama halnya dengan beberapa aplikasi lain, MyFitnessPal juga memiliki fitur perencanaan yang bisa diikuti sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.


Baca juga artikel terkait DIET atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Addi M Idhom
DarkLight