Rekam Jejak Aktor Chadwick Boseman, Pemeran Film Black Panther

Oleh: Sirojul Khafid - 29 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Chadwick Boseman meninggal dunia pada hari ini, ia adalah pemeran Black Panther, berikut rekam jejaknya di dunia film.
tirto.id - Aktor pemeran T'Challa atau Black Panther, Chadwick Boseman, meninggal dunia di usia ke-43 tahun. Menurut pihak keluarga, Chadwick meninggal akibat kanker usus yang telah dia derita sejak empat tahun lalu.

Pihak keluarga menyatakan bahwa Chadwick merupakan pejuang sejati. “Chadwick bertahan melalui itu semua, dan membawakan Anda banyak film yang sangat Anda sukai. Dari Marshall hingga Da 5 Bloods,” tulis pihak keluarganya dalam unggahan di Twitter tertanggal 29 Agustus 2020 pukul 9.11 WIB.

“Semuanya difilmkan selama dan di antara banyak operasi dan kemoterapi. Merupakan kehormatan dalam kariernya untuk menghidupkan Raja T’Challa di Black Panther.”

Chadwick meninggal di rumahnya dengan keluarga yang mendampingi. Pihak keluarga juga berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung Chadwick selama masa perjuangannya.

Selain Black Panther yang ikonik, berikut beberapa serial dan film yang pernah Chadwick perankan.

Rekam Jejak Chadwick Boseman

Chadwick Boseman lahir di Anderson, South Carolina, USA. Semasa kecil, dia merupakan seorang atlet. Chadwick merupakan pemain bisbol dan bola basket.

Pria yang lahir tanggal 29 November 1977 ini belajar akting di British American Drama Academy di Oxford. Sebelumnya dia juga telah lulus dari Howard University di Washington, Amerika Serikat.

Chadwick memulai aktingnya pada acara televisi Third Watch tahun 2003. Sejak tampil perdana itu, dia kemudian malang melintang di proyek serial televisi dan film pendek seperti Fringe (2011), Justified (2011), Detroit 1-8-7 (2011), Castle (2011), The Glades (2010).

Kemudian Persons Unknown (2010), Lincoln Heights (2008-2009), Lie to Me (2009), Cold Case (2008), ER (2008), The Express (2008), The Appointment (2007), CSI: NY (2006), LadyLike (2006), Date (2004), dan Law & Order (2004).

Karier Chadwick di film layar lebar berawal dari film The Kill Hole (2012). Namun, penampilannya baru mencuri perhatian publik saat bergabung dalam proyek film 42 (2013). Dia memerankan karakter Jackie Robinson yang kemudian menjadi ikonik. Untuk mempersiapkan film 42, dia perlu berlatih bermain bisbol selama lima bulan.

Perjalanannya berlanjut dengan bermain di film Message from the King (2016), Gods of Egypt (2016), Get on Up (2014), dan Draft Day (2014). Chadwick mulai masuk dalam semesta Marvel Cinematic Universe dengan film Captain America: Civil War (2016).


Dia berperan menjadi T'Challa atau Black Panther. Karakter ini juga singgah di beberapa film seperti Avengers: Endgame (2019) dan Avengers: Infinity War (2018).

Dalam ajang Oscar 2019, Black Panther memenangkan tiga penghargaan Oscar dalam kategori Musik Original Score Terbaik, Desain Produksi Terbaik (Hannah Bleacher dan Jay Hart), dan Desain Kostum Terbaik (Ruth Carter).

Film ini menjadi produksi Marvel pertama yang memenangkan Oscar. Beachler juga merupakan orang kulit hitam pertama yang pernah memenangkan penghargaan Desain Produksi dalam 90 tahun terakhir.

Dalam ajang tersebut, Black Panther mendapatkan total tujuh nominasi, termasuk dalam kategori Best Picture. Hal ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Oscar bahwa film genre superhero mendapat nominasi Best Picture.

Kemudian Chadwick bermain dalam 21 Bridges (2019) sebagai Andre Davis. Film terakhir Chadwick yang telah tayang yaitu Da 5 Bloods (2020) arahan sutradara pemenang Oscar Spike Lee.

Chadwick juga sedang dalam proses pengerjaan beberapa film seperti Black Panther II, Yasuke, What If...? dan Ma Rainey's Black Bottom. Dari keempat film tersebut, hanya Ma Rainey's Black Bottom yang telah selesai proses produksi. Sementara yang lainnya masih dalam pengerjaan.


Baca juga artikel terkait CHADWICK BOSEMAN atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight