Redmi Note 9 di Indonesia: Spesifikasi, Harga, dan Jadwal Rilis

Oleh: Ibnu Azis - 2 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berdasarkan teaser yang diunggah Xiaomi, diduga kuat seri Redmi Note 9 yang akan dipasarkan ke Indonesia adalah dari keluarga Redmi Note 9 Pro.
tirto.id - Xiaomi Indonesia dijadwalkan merilis Redmi Note 9 series di tanah air pada tanggal 9 Juni 2020 mendatang sebagaimana diumumkan perusahaan melalui media sosial Twitter, Selasa (2/6/2020). Acara peluncuran ini dapat disaksikan secara live streaming.

"#XiaomiIndonesia mengundang kamu untuk nonton live-streaming peluncuran seri yang memiliki fitur-fitur JAWARA, Redmi Note 9 Series," tulis akun @XiaomiIndonesia.

Sejauh ini, diketahui ada empat versi Redmi Note 9 yang telah diumumkan, yaitu Redmi Note 9 reguler, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9S, dan Redmi Note 9 Pro Max.

Xiaomi irit bicara soal versi mana yang bakal masuk ke Indonesia. Meski begitu, dari teaser yang dibagikan melalui media sosial, diduga kuat yang bakal diumumkan adalah seri Redmi Note 9 Pro.

Hal itu terlihat pada poster promo yang diunggah Twitter Xiaomi Indonesia, yang menunjukkan desain kamera belakang Redmi Note 9 series identik dengan keluarga Redmi Note 9 Pro.


Adapun Redmi Note 9 Pro series sudah dipasarkan di India sejak Maret 2020. Artinya, untuk harga dan spesifikasi perangkat ini bisa dikulik.

Redmi Note 9 series sendiri hadir tak sekadar melengkapi deretan smartphone Xiaomi untuk kelas mid-range, tetapi seakan menegaskan bahwa seri ini serius ingin 'naik kelas'. Itu bisa ditengok dari spesifikasi yang diusung.


Spesifikasi Redmi Note 9 Pro Series

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max sendiri fokus pada performa dan fotografi yang sekaligus jadi pembeda di antara keduanya.

Hal itu terjadi lantaran duet Redmi Note 9 Pro serupa tapi tak sama: tak hanya desain, tetapi juga 'jeroannya'. Dari luar memang identik, tetapi 'dalamannya' berbeda: khususnya pada spesifikasi kamera dan opsi penyimpanan internal termasuk kapasitas RAM.

Redmi Note 9 Pro sebagaimana dijelaskan Xiaomi akan fokus ke aspek performa. Hal itu didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragron 720G yang disandingkan bersama RAM 6GB dan ROM 128GB. Bagaimana dengan perangkat versi Max?

Jika Redmi Note 9 Pro lebih ke performa, bukan berati versi Max tak garang kinerjanya. Sebab, Redmi Note 9 Max juga menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragron 720G dengan kapasitas RAM bahkan hingga 8GB.

Dengan kata lain, Xiaomi tak hanya menekankan aspek performa saja di Redmi Note 9 Pro Max. Hal lain yang ditonjolkan pada smartphone ini ialah soal kemampuan fotografi dan teknologi pengisian cepat baterainya.


Harga Redmi Note 9 Pro Series


Di India, Redmi Note 9 Pro Max sudah dipasarkan sejak 16 Maret 2020 melalui situs web belanja daring Amazon India dan Xiaomi Store, sedangkan versi reguler sehari berikutnya di e-commerce yang sama.

Berikut daftar harga Redmi Note 9 Pro series di India saat pertama kali diumumkan di sana, sebagaimana dikutip dari laman Xiaomi Store India (kurs Rp197,16):

  • Redmi Note 9 Pro 4GB + 64GB: 12.999 Rupee (Rp2,5 juta)
  • Redmi Note 9 Pro 6GB + 128GB: 15.999 Rupee (Rp3,1 juta)
  • Redmi Note 9 Pro Max 6GB + 64GB: 14.999 Rupee (Rp2,9 juta)
  • Redmi Note 9 Pro Max 6GB + 128GB: 16.999 Rupee (Rp3,3 juta)
  • Redmi Note 9 Pro Max 8GB + 128GB: 18.999 Rupee (Rp3,7 juta)


Perbedaan Redmi Note 9 Pro dan Versi Max

Untuk urusan fotografi, Redmi Note 9 Pro Max lebih unggul meski sama-sama mengusung setelan quad-camera dengan versi reguler. Pasalnya, kamera utama Redmi Note 9 Pro Max berkekuatan 64MP, sedangkan versi reguler 48MP.

Sementara untuk tiga kamera lainnya, dua ponsel itu identik, yaitu 8MP ultra-wide, 5MP macro, dan 2MP depth sensor. Akan tetapi, versi Max juga unggul untuk kamera selfie yaitu 32MP, sedangkan 16MP di Redmi Note 9 Pro.

Perbedaan selanjutnya adalah soal kecepatan pengisian daya baterai, kendati dua ponsel itu sama-sama sudah menggunakan teknologi Fast Charging dan tertanam baterai berkapasitas 5020mAh.

Lagi-lagi, versi Max lebih gegas karena fitur Fast Charging-nya berdaya 33W, sedangkan versi reguler hanya 18W. Artinya, Redmi Note 9 Pro Max akan lebih cepat saat proses pengisian baterai.

Selain dua aspek di atas, Redmi Note 9 Pro dan versi Max terkait spesifikasi identik, macam layar berdiagonal 6,67 inci tipe LCD resolusi FHD+, panel sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5, rasio layar 20:9, sensor sidik jari di samping bodi, termasuk splash-proof untuk ketahanan terhadap percikan air.


Jadwal Rilis Redmi Note 9 Series di Indonesia

Bila tak terjadi perubahan jadwal, Redmi Note 9 series di Indonesia bakal diumumkan pada Selasa (9/6/2020) pekan depan dan dapat disaksikan secara online melalui live streaming di saluran YouTube Xiaomi Indonesia.

Adapun siaran peluncuran itu akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Kunjungi laman ini untuk menyaksikannya dan setel pengingat dengan klik tombol lonceng agar YouTube dapat mengingatkan Anda ketika acara akan dimulai.


Baca juga artikel terkait REDMI NOTE 9 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight