Redmi Note 8 Pro Pakai Chipset Khusus Gaming, Apa Istimewanya?

Oleh: Ibnu Azis - 17 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Redmi Note 8 Pro bukan smartphone gaming, tapi manjakan gamer, berkat chipset yang dirancang khusus untuk aktivitas gaming.
tirto.id - Redmi Note 8 Pro meski bukan smartphone gaming, tapi memanjakan gamer lantaran menggunakan chipset terbaru MediaTek, Helio G90 Series. Chipset ini merupakan hasil kolaborasi antara Xiaomi dan MediaTek yang dirancang khusus untuk aktivitas gaming.

"Helio G90T adalah hasil kolaborasi antara tim tehnik Mediatek dan Xiaomi. Dan chipset ini adalah chipset bertenaga yang diciptakan khusus untuk gamer," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse dikutip Antara.

MediaTek Helio G90T, lanjut dia, pertama kalinya disematkan dalam ponsel pintar di Redmi Note 8 Pro. Artinya, Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama yang tertanam chipset itu.

Prosesor dengan fabrikasi 12nm tersebut diklaim Tse mampu menyaingi Qualcomm Snapdragon 730G yang sebelumnya diketahui memiliki performa khusus untuk kebutuhan gaming.

"Kami percaya Redmi Note 8 Pro dengan Helio G90T akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih cepat dan mulus hingga 34 persen lebih cepat dibanding kompetitor [Snapdragon 730G]," ujar Tse.

Helio G90T merupakan penggabungan antara CPU Arm Cortex-A76 dan Cortex-A55, yang dipadankan dengan GPU Arm Mali-G76 dengan kecepatan hingga 800 MHz. GPU yang digunakan chipset ini diklaim memiliki tenaga lebih hingga 30 persen dibanding pendahulunya, Mali-G72.

Selain itu, Helio G90T juga menggunakan teknologi HyperEngine yang diklaim bisa memberikan pengalaman gaming terbaik.


Serba Pertama di Redmi Note 8 Pro

Tak hanya Helio G90T, Redmi Note 8 Pro juga tertanam beberapa fitur yang hadir perdana di ponsel ini. Fitur-fitur itu di antaranya kamera 64MP, NFC, dan LiquidCool System.

Kamera 64MP untuk saat ini memang jadi yang pertama di Indonesia, tapi Redmi Note 8 Pro pada 23 Oktober 2019 bakal tak lagi sendiri. Sebab, Realme XT juga akan menawarkan resolusi setara saat diumumkan pekan depan.

Sementara LiquidCool System dan NFC diklaim Xiaomi menjadi fitur pertama di ponsel seri Redmi.

LiquidCool System juga memanjakan gamer lantaran mampu menurunkan suhu SoC (System of Chip) sekitar 4 hingga 6 derajat saat Redmi Note 8 Pro intens dipakai untuk main game. Sementara NFC terkait konektivitas nerkanel yang memudahkan cek dan isi uang elektronik.

Adapun Redmi Note 8 Pro ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp2.999.000 untuk varian 6GB + 64GB dan Rp3.399.000 untuk varian 6GB + 128GB. Smartphone akan tersedia di Shopee, Mi Store, dan Authorized Mi Store mulai 29 Oktober 2019 pada pukul 12.00 WIB.

Redmi Note 8 Pro meluncur di Indonesia hari ini, Kamis, 17 Oktober 2019. Pada waktu bersamaan, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran Redmi Note 8 reguler.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight