Realme 8 di Indonesia: Bocoran Spesifikasi dan Jadwal Rilis

Oleh: Ibnu Azis - 24 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Realme 8 series masuk Indonesia pada 7 April 2021. Diprediksi, ponsel ini akan tersedia dalam dua versi: reguler dan pro.
tirto.id - Realme Indonesia mengonfirmasi kehadiran smartphone terbaru dengan kamera 108MP, yaitu Realme 8, yang akan diumumkan pada 7 April 2021.

Kabar itu disampaikan oleh Krisva Angnieszca selaku Public Relation Manager Realme Indonesia dalam acara peluncuran Realme C21 dan C25, Selasa (23/3/2021).

“Jadi sekitar 3 minggu lalu kita sudah melihat video summit tentang kehebatan dan kecanggihan kamera 108MP kita di Realme 8 series. Sampai jumpa tanggal 7 April,” kata Krisva dalam acara virtual yang disiarkan di YouTube itu.

Pada 16 Maret lalu, Realme Indonesia melalui media sosial telah mengumumkan teknologi kamera 108MP yang menggunakan sensor ISOCELL HM2 dari Samsung. Namun, saat itu belum diketahui teknologi tersebut akan ditanamkan ke dalam smartphone Realme seri apa saja.

Pada awal Maret 2021, CEO Realme India, Madhav Sheth, sebenarnya sudah memberikan kisi-kisi soal kehadiran teknologi kamera 108MP itu. Dalam sebuah unggahan di Twitter, dia menunjukkan sebuah boks ponsel perangkat terbaru Realme, yang di kotak kardusnya tertampil sederet spesifikasi ponsel itu, salah satunya soal kamera.


Bocoran Spesifikasi Realme 8

Menariknya, Realme 8 series dijadwalkan meluncur di India pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2021 pukul 19.30 waktu setempat. Di sana, bakal hadir dua versi, yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Laman Realme India pun juga telah menampilkan kisi-kisi spesifikasi perangkat itu, di antaranya teknologi 108MP Infinite Clarity Camera yang diklaim memiliki megapiksel tertinggi di dunia untuk ponsel kamera, layar tipe Super AMOLED dengan diagonal 6,4 inci, sensor sidik jari di dalam layar, dan teknologi pengisian baterai 50W Superdart Charge.

Menurut Realme, teknologi 50W Superdart Charge memungkinkan Realme 8 series memiliki 4 jam durasi telepon, 11 jam untuk mendengarkan musik, dan 3 jam untuk dipakai buat WhatsApp, hanya dengan 3 menit pengisian.

Lain itu, Realme 8 series juga dilaporkan akan menggunakan antarmuka baru Realme UI 2.0 berbasis Android 11, sebagaimana ditulis GSM Arena. Ponsel ini juga dilaporkan dibekali kapasitas baterai besar, yaitu 5.000mAh.

Sementara itu, laman Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menampilkan ponsel misterius Realme dengan nomor model “RMX3081” yang sudah mendapatkan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bernomor 47/SJ-IND.8/TKDN/1/2021. Perangkat itu diduga kuat adalah ponsel Realme 8.

Nomor model “RMX3081” juga telah menerima sertifikasi dari Federal Communications Commission (FCC) India pada pekan lalu, sebagaimana ditulis Gizmochina. Sementara di laman P3DN Kemenperin, perangkat yang diduga kuat Realme 8 itu sudah menerima nilai TKDN sebesar 31,15 persen. Artinya, perangkat ini sudah layak edar di Indonesia.

Hingga hari ini Realme Indonesia belum mengumumkan informasi terbaru tentang Realme 8 series. Diprediksi, kehadirannya bakal terdiri dari dua versi, yaitu reguler dan pro. Hal ini berkaca dari pendahulunya, Realme 7, yang diumumkan pada September 2020, juga diperkenalkan dalam dua versi.


Baca juga artikel terkait REALME 8 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight