Realisasi KUR Tembus Rp147,7 Triliun pada Mei 2022

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 20 Jun 2022 12:15 WIB
Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp147,7 triliun hingga akhir Mei 2022.
tirto.id -
Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp147,7 triliun hingga akhir Mei 2022. Jumlah ini setara 39,6 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 373 triliun pada tahun ini.
"Total realisasi penyaluran KUR nasional sampai dengan 31 Mei 2022 sebesar Rp147,7 triliun diberikan kepada 3,18 juta debitur," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam pernyataannya, Senin (20/6/2022).
Dia mengatakan, peningkatan akses pembiayaan kepada UMKM melalui program KUR ini akan terus digenjot sampai akhir tahun. Sehingga pelaku usaha dapat pulih lebih cepat pasca pandemi COVID-19.
"Di setiap periode krisis, UMKM yang menyumbang 61 persen terhadap PDB nasional, bersifat resilien dan dapat pulih dengan cepat," ujarnya

Secara khusus, dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, pemerintah telah mengeluarkan program KUR untuk sektor pertanian dengan plafon sebesar Rp90 triliun dan sudah tersalurkan Rp46,6 triliun atau sebesar 51,8 persen dari target.
Selain program KUR Pertanian, Kemenko Perekonomian melalui kelompok kerja (POKJA) pupuk bersubsidi bersama K/L terkait merumuskan transformasi tata kelola subsidi pupuk. Hal ini dilakukan dengan melakukan refocusing target subsidi pupuk. Tujuannya meningkatkan jumlah pupuk dan transformasi digital agar pupuk subsidi tepat sasaran.





Baca juga artikel terkait KREDIT UMKM atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight