Real Madrid Resmi Perkenalkan Vinicius Jr. Sang Pengganti Ronaldo

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Vinicius Jr. yang menjadi rekrutan terbaru Real Madrid di bursa transfer pemain musim panas 2018, diperkenalkan pada Jumat (20/7/2018).
tirto.id - Real Madrid resmi memperkenalkan Vinicius Junior pada Jumat (20/7/2018). Pemain asal Brasil usia 18 tahun yang berposisi sebagai penyerang ini ditampilkan kubu Santiago Bernabeu hanya selang beberapa hari setelah Cristiano Ronaldo meninggalkan klub dan bergabung ke Juventus dalam bursa transfer.

"Dia adalah salah satu pemain yang akan mengukir (sepak bola) masa depan tetapi pada saat yang sama dia sudah menjadi kenyataan", ungkap Florentino Pérez, presiden Real Madrid saat menampilkan Vinicius Jr. dikutip laman resmi Real Madrid.

Vinicius Jr. sebenarnya sudah 'diikat' oleh Real Madrid sejak 23 Mei 2017. Namun, ketika itu Los Blancos dan klub pemilik sang pemain, Flamengo, bersepakat bahwa transfer baru efektif setelah ulang tahun ke-18 Vinicius Jr., yang jatuh pada 12 Juli 2018. Langkah ini dipilih Real Madrid untuk menghindari sanksi transfer FIFA.

Dalam peraturan FIFA, sebuah klub dilarang untuk melakukan transfer internasional terhadap pemain di bawah usia 18 tahun. Klub yang melanggar aturan ini akan terkena larangan pembelian pemain dalam satu atau dua periode transfer.

Kini, setelah ulang tahun ke-18, Vinicius Jr. resmi diperkenalkan Real Madrid yang melabelinya sebagai "salah satu bintang muda paling menjanjikan di dunia sepakbola".

Tidak salah jika Los Blancos melabeli demikian. Vinicius Jr. tercatat sudah tampil 70 kali dan mencetak 14 gol untuk Flamengo hanya dalam dua musim. Ia juga sudah menjajal Copa Libertadores, kompetisi tersengit antara klub-klub terbaik Amerika Selatan yang setara dengan Liga Champions Eropa.

"Dia baru saja berusia 18 tahun tetapi sudah dianggap sebagai salah satu harapan besar sepakbola Brasil dan dunia. Dia telah merayu kami dengan dribbling, teknik, kecepatan, dan golnya yang luar biasa. Kami percaya dia akan menjadi salah satu pemain terbesar dari era baru yang segera mendekat," tutur Florentino Perez dikutip laman resmi Real Madrid.



Kedatangan Vinicius Jr. akan dikait-kaitkan dengan kepergian Cristiano Ronaldo. Pasalnya, Ronaldo baru meninggalkan Real Madrid pada 10 Juli 2018 lalu dengan biaya transfer sebesar 112 juta Euro. Meskipun keduanya tidak berada di posisi yang persis sama di lapangan, Vinicius bukan tidak mungkin akan diamati sebagai 'pewaris' Ronaldo pada kemudian hari.

"Saya akan banyak berkorban untuk menunjukkan bahwa saya pantas mendapatkan kesempatan ini. Saya merasa terhormat sudah mencapai puncak sepakbola, Real Madrid, pada usia 18 tahun.

“Cristiano Ronaldo adalah legenda Real Madrid. Tetapi saya sangat senang tampil bersama (Karim) Benzema, (Gareth) Bale, para pemain yang akan tampil di tim yang sama dengan di masa depan. Pemain terbaik di dunia ada di sini (Madrid)

"Gaya permainan saya mirip dengan Neymar. Media sudah membandingkan saya dengan Ronaldo tetapi menjadi seperti keduanya tentu bakal sangat hebat," tutur Vinicius dalam perkenalannya.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus