Rayakan Thanksgiving 2020: Zoom Gratis Tidak Dibatasi 40 Menit

Oleh: Desika Pemita - 26 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selama perayaan Thanksgiving pada 26 dan 27 November 2020, Zoom tidak membatasi layanan gratisnya selama 40 menit.
tirto.id - Guna merayakan Thanksgiving 2020, Zoom memberikan kebebasan bagi semua pengguna layanan aplikasi konferensi video ini, termasuk yang versi gratis.

Awal pekan ini, lewat akun resmi Twitter-nya, Zoom mengumumkan akan menaikkan batas standar 40 menit pada obrolan video gratis agar pengguna lebih mudah berkomunikasi dengan teman dan keluarga secara virtual.

"Sebagai ucapan terima kasih ke pengguna, kami akan menghapus pembatasan 40 menit untuk semua meeting secara global pada 26-27 November 2020," tulis Zoom di akun resmi Twitter.

Thanksgiving adalah hari libur nasional tahunan di Amerika Serikat dan Kanada untuk merayakan panen dan berkah lain. Warga AS umumnya percaya, Thanksgiving meniru pesta panen tahun 1621 yang dilakukan oleh penjajah Inggris (Pilgrim) di Plymouth dan orang-orang Wampanoag.

Hari Thanksgiving sering kali menjadi hari tersibuk dalam setahun, karena anggota keluarga berkumpul satu sama lain. Perayaan Thanksgiving lekat dengan makanan kalkun, roti isi, kentang, cranberry, dan pai labu.

Thanksgiving dikenal memiliki sejarah spiritual, tetapi sebagian besar dirayakan sebagai festival sekuler saat ini. Tahun ini, Thanksgiving dirayakan pada Kamis, 26 November 2020.

Thanksgiving 2020 menjadi pengalaman baru bagi warga AS karena banyak pertemuan dilakukan secara virtual, mengingat pandemi virus corona (Covid-19) masih terjadi.

Oleh karena itu, Zoom memanfaatkan momentum Thanksgiving 2020 untuk memudahkan semua penggunanya dalam berkomunikasi, termasuk pelanggan gratis.

Zoom adalah aplikasi komunikasi video berbasis cloud yang memungkinkan pengguna mengatur konferensi video virtual, webinar, obrolan langsung, berbagi layar, serta komunikasi kolaboratif lainnya. Zoom menjadi sangat populer saat ini, khususnya di masa pandemi virus corona, setelah kebijakan lockdown diterapkan di banyak negara.

Pengguna aplikasi ini tidak perlu punya akun buat menghadiri rapat Zoom. Platformnya kompatibel dengan Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android. Jika ingin masuk ke `ruangan` Zoom, Anda hanya tinggal mengklik link yang disediakan penyelenggara.

Selama ini, waktu untuk menggunakan Zoom yang tidak berbayar atau free sangat terbatas. Anda hanya bisa mengaksesnya selama 40 menit. Hanya jika berlangganan paket harga Pro atau lebih tinggi seharga USD50 sebulan, pengguna punya kesempatan memanfaatkan layanan zoom dengan waktu yang tak dibatasi.

Aplikasi Zoom menyediakan empat jenis layanan, yakni zoom basic, zoom pro, zoom business, dan zoom enterprise. Zoom basic menjadi yang terpopuler karena bebas biaya.



Baca juga artikel terkait THANKSGIVING atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Addi M Idhom
DarkLight