Ratusan Ribu Orang Kembali ke Jabodetabek Usai Libur Akhir Tahun

Oleh: Riyan Setiawan - 3 Januari 2021
Ratusan ribu orang kembali ke Jakarta dan sekitarnya melalui kendaraan pribadi dan kereta api.
tirto.id - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 1 Jakarta mencatat 31.000 tujuan Jabodetabek pada Minggu-Senin (3-4/1/2021). Penumpang tersebut tercatat dalam operasi angkutan hari raya Natal dan libur akhir tahun 2021. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto kepada wartawan, Minggu (3/1/2021).

Eko mengklaim seluruh penumpang dipantau subu tubuhnya sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan KA secara berkala sampai dengan tiba di stasiun akhir. Penumpang juga sudah menjalani tes antigen dengan hasil non-reaktif.

Sementara itu, PT Jasa Marga, operatol jalan tol, mencatat 144.550 kendaraan masuk wilayah Jakarta dari berbagai gerbang tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan, total volume kendaraan menuju Jakarta ini naik 8,3 persen jika dibandingkan masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,4 persen dari arah timur, 24,1 persen dari arah barat dan 20,5 persen dari arah selatan," terang dia.

Saat ini liburan hari raya Natal dan akhir tahun 2020 telah berakhir per Minggu (3/1/2021). Sedangkan aktivitas pemerintahan dan swasta berangsur normal mulai Senin (4/1/2020).



Baca juga artikel terkait LIBUR AKHIR TAHUN atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah & Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight