Ratna Sarumpaet: Saya Anggota Senior di Kongres Wanita Chili

Oleh: Damianus Andreas - 5 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
“Saya salah satu anggota senior di kongres ini,” tulis Ratna Sarumpaet.
tirto.id - Ratna Sarumpaet mengungkapkan bahwa dirinya merupakan anggota senior dalam The 11thWomen Playwrights International Conference 2018 yang berlangsung pada 7-12 Oktober di Chili.

“Saya salah satu anggota senior di kongres ini,” tulis Ratna dalam surat tertanggal 31 Januari 2018 itu.

“Pada 1997, ketika saya dipenjara rezim orde baru, para anggota konferensi inilah yang secara internasional menggerakkan tekanan pada Presiden Soeharto untuk membebaskan saya,” tambahnya.

Ia lantas menyebutkan bahwa saat memimpin Dewan Kesenian Jakarta, dirinya pernah memperjuangkan agar kongres tersebut diselenggarakan di Indonesia. Ratna beralasan indikator kesuksesannya kala itu karena jumlah perempuan penulis drama di Indonesia masih sedikit jumlahnya.

Lewat kerja sama yang dijalin dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat itu, Ratna mengatakan perhelatan Women Playwrights International Conference ke-7 pada 2007 bisa dilangsungkan di Jakarta dan Bali.

“Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan diri untuk meminta kesediaan bapak [dalam] mempertimbangkan kemungkinan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chili, Oktober nanti,” ujar Ratna.

Tak hanya mengirimkan surat permohonan, Ratna turut menyertakan surat undangan dari panitia tertanggal 17 Oktober 2017 dan informasi tertulis mengenai apa itu Women Playwrights International. Adapun surat untuk Anies itu diterima dan kemudian didisposisikan ke SKPD (Saturan Kerja Perangkat Daerah) terkait pada 15 Februari 2018.

Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Kamis (4/10/2018) malam. Penangkapan itu saat ia hendak berangkat ke Santiago, Chili guna menghadiri perhelatan The 11thWomen Playwrights International Conference 2018.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun telah mengaku bahwa mereka memberikan bantuan dana untuk keikutsertaan Ratna dalam acara tersebut.

“Kami memberikan fasilitas dukungan itu karena yang bersangkutan pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta. Jadi ini proses biasa, normal seperti halnya terjadi pada banyak pekerja seni lainnya di DKI Jakarta,” kata Anies di Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat (5/10/2018).

Pada salinan surat permohonan sponsor yang sudah dikonfirmasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Ratna menunjukkan surat tersebut kepada Gubernur Anies.


Baca juga artikel terkait KASUS RATNA SARUMPAET atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yantina Debora
DarkLight