Rangkuman Penjaskes: Apa Manfaat Kebugaran Jasmani dan Definisinya

Oleh: Adilan Bill Azmy - 12 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh, berikut di antaranya.
tirto.id - Kabugaran jasmani erat kaitannya dengan ketahanan tubuh. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kelelahan.

Seseorang yang bugar tentu akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sebaliknya, seseorang yang kurang bugar akan cepat merasa lelah dan menderita keletihan dengan cepat.

Definisi Kebugaran Jasmani



Menurut Modul Pembelajaran SMA PJOK Kelas XI (2020), kebugaran jasmani merupakan kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Kebugaran jasmani dapat diraih dengan cara latihan. Melalui beberapa program latihan yang baik dan berkelanjutan, tubuh seseorang akan menjadi bugar.

Selain itu, kebugaran jasmani seseorang juga dapat meningkatkan kesehatan orang tersebut.

Manfaat Kebugaran Jasmani



Kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh. Mengutip dari buku Bugar dan Sehat dari Kemendikbud (2017), berikut beberapa manfaat kebugaran jasmani.

1. Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

Obesitas atau kegemukan utamanya disebabkan oleh zat makanan atau energi berlebih yang tertimbun di dalam tubuh. Latihan kebugaran jasmani dapat membakar energi yang tertimbun ini, sehingga berat badan dapat kembali optimal.


2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kebugaran tubuh selanjutnya adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Ketika tubuh berolahraga, aliran darah menjadi lebih cepat dan lebih lancar ketimbang ketika tubuh diam.

3. Mencegah dan Mengatur Penyakit Diabetes

Kebugaran jasmani juga dapat mencegah penyakit diabetes. Ketika berolahraga, gula yang terkandung dalam tubuh akan diubah menjadi energi. Sehingga, kandungan gula dalam tubuh dapat berkurang.



4. Meningkatkan Kualitas Hormon

Salah satu manfaat kebugaran jasmani adalah meningkatkan kualitasn hormon. Dengan berolahraga, tubuh akan meningkatkan produksi hormon. Hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan rasa bahagia.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Latihan kebugaran jasmani secara teratur juga dapat mengurangi resiko hipertensi. Orang yang sering berlatih kebugaran jasmani akan mengurangi tekanan darah dalam tubuhnya.

6. Menambah Kepintaran

Otak akan berfungi optimal bila sirkulasi oksigen dalam otak lancar. Olahraga kebugaran dapat melancarkan sirkulasi oksigen tersebut. Selain itu, olahraga juga dapat mencegah kepikunan dan alzheimer.

7. Memberi Lebih Banyak Energi

Dengan berolahraga, seseorang dapat tidur lebih nyenyak, berpikir lebih jernih, serta terhindar dari stres. Olahraga juga dapat meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.

8. Menyeimbangkan Kolesterol dalam Tubuh

Seseorang yang berolahraga dengan teratur dapat mengurangi kandungan lemak jahat (LDL) dalam tubuh. Di saat yang bersamaan, kandungan lemak baik (HDL) akan ikut meningkat.


9. Menurunkan Gejala Depresi dan Kegelisahan

Saat berolahraga, tubuh merasa rileks. Tubuh yang rileks akan lebih mudah terhindar dari gejala depresi dan kegelisahan.

10. Menurunkan Resiko Kanker Tertentu

Selain mengurangi resiko penyakit jantung, olahraga kebugaran juga daapat mengurangi resiko kanker. Tubuh yang bugar akan menghasilkan metabolisme yang lebih baik sehingga mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

11. Menguatkan Tulang

Olahraga teratur akan menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan olahraga melepas hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang.

12. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, tubuh yang bugar aan berada dalam kondisi yang prima. Hal ini berdampak secara psikologis dengan meningkatkan percaya diri seseorang.

13. Meningkatkan Mood

Salah satu cara mengatasi mood yang sering hilang atau sering berubah-ubah adalah dengan berolahraga.


14. Membuat Awet Muda

Latihan kebugaran jasmani dapat meningkatkan elastisitas kulit, termasuk kulit wajah. Hal ini dapat membuat seseorang yang sering latihan nampak lebih muda.

15. Membuat Anak-anak Selalu Aktif

Dalam suatu penelitian diungkapkan bahwa orangtua yang rajin berolahraga akan membuat anak-anaknya selalu aktif dan ceria.


Baca juga artikel terkait PENJASKES atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight