Rangkuman IPA: Contoh Sumber Daya Alam SDA Hayati Nabati dan Hewani

Oleh: Endah Murniaseh - 21 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Sumber daya alam hayati adalah salah satu SDA yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
tirto.id - Aktivitas sehari-hari manusia selalu membutuhkan sumber daya alam. Manusia membutuhkan makan, minum, pakaian, dan lainnya agar kebutuhan hidupnya terpenuhi. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi karena adanya sumber daya alam.

Melansir dari modul IPA Tingkat II Setara SD/MI, sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber daya alam digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup serta kesejahteraan.

Sumber daya alam hayati merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut adalah fungsi dan peran sumber daya alam yang dilansir dari Sumber Belajar Kemdikbud.

A. Sumber Daya Alam Nabati

Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang memiliki jenis yang beragam serta memiliki jumlah yang banyak. Hal ini karena sifat tumbuhan yang mampu menghasilakn oksigen dan glukosa melalui proses fotosintesis.

Tumbuhan dimanfaatkan manusia dalam banyak hal, diantaranya sebagai bahan pangan, sandang, bahan kayu olahan serta obat-obatan.

1. Bahan Pangan

Banyak jenis tanaman budi daya pangan yang ditemukan di Indonesia, berikut diantaranya:

  • Sumber karbohidrat : padi, sagu, jagung, ubi, dan kentang
  • Sumber lemak : kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit
  • Sumber protein : kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang-kacangan lainnya
  • Sumber vitamin : buah dan sayur-sayuran.
2. Bahan Sandang

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Tanaman juga dimanfaatkan sebagai bahan sandang atau kebutuhan rumah tangga. Pakaian yang berbahan dasar tumbuhan biasanya memiliki harga yang tinggi. Hal ini karena jumlah yang terbatas serta diperlukan perlakuan khusus saat diproduksi.

Kapas biasa digunakan sebagai bahan dasar katun, serat rami yang digunakan sebaga bahan dasar rayon, serta serat sisal sebagai bahan dasar linen.

Tidak itu saja, kini serat nanas, pisang, serta tanaman lain yang memiliki kandungan selulosa atau serat tumbuhan yang tinggi banyak dimanfaatkan sebagai bahan sandang. Bahan dasar kain dari tumbuhan diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun, dan buah.

3. Bahan Kayu Olahan

Indonesia memiliki kawasan hutan tropis yang luas. Komoditi kayu olahan diperoleh dari hutan. Hasil hutan yang banyak dimanfaatkan adalah kayu, rotan, damar, dan pinus.

Rotan sering dimanfaatkan sebagai barang-barang kerajinan seperti kursi, tas, serta perabotan rumah tangga lainnya. Rotan banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Damar yang dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cat dan pelitur. Damar banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Sementara Pinus yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas dan batang korek api banyak ditemukan di hutan pinus di kawasan Pematang Siantar, Sumatera Utara.

4. Bahan Obat-Obatan

Tumbuhan telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan membuat obat-obatan. Kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak, bunga Rosella merupakan jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku di industri jamu dan farmasi. Tanaman tersebut juga dikenal dengan nama apotek hidup.

B. Sumber Daya Alam Hewani

Sumber daya alam hewani banyak dimanfaatkan untuk sumber pangan sehari-hari. Selain itu, sumber daya alam hewani juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan seni kerajinan tangan seperti pengawetan hewan berbulu indah untuk hiasan rumah.

Sementara itu di Madura, hewan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi dan mengembangkan budaya melalui karapan sapi.

1. Perikanan

Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Potensi perikanan juga sangat banyak ditemukan. Sumber daya perikanan menjadi salah satu sumber daya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ikan dikenal dengan hewan yang kaya akan gizi. Selain itu, sumber daya perikanan juga dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, yaitu dengan memancing ikan. Hasil laut lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan yang terbuat dari kerang.

Tidak hanya dari laut saja. Sumber daya perikanan juga dapat diperoleh di perikanan darat seperti danau. Danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia terdapat di Indonesia. Danau tersebut adalah danau Tempe yang terletak di Wajo, Sulawesi Selatan.

Gurame menjadi ikan air tawar yang paling popular dan dimanfaatkan. Ikan ini memiliki rasa gurih serta tidak memiliki duri halus seperti ikan mas. Tidak hanya gurame, ikan lele juga termasuk perikanan air tawar. Sementara udang dan bandeng termasuk hasil dari tambak.

2. Peternakan

Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang telah dibudayakan. Pemanfaatan hewan oleh manusia digunakan untuk membantu pekerjaan maupun bahan pangan.

Hewan-hewan yang dimanfaatkan untuk diambil daging serta membantu pekerjaan atau dikenal dengan peternakan potong dan kerja adalah sapi, kambing, kuda, dan domba. Sementara untuk memenuhi kebutuhan kalsium melalui susu, hewan dari peternakan perah yang dimanfaatkan adalah sapi, kambing, dan kuda.

Unggas juga merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan manusia, jenis unggas tersebut adalah ayam, bebek, merpati, dan kalkun. Peternakan unggas merupakan peternakan hewan yang menyediakan hewan tersebut.

3. Aneka Satwa

Selain hewan yang dimanfaatkan daging, susu, dan telurnya. Terdapat aneka satwa yang dimanfaatkan sebagai hewan penghasil bahan protein tinggi. Misalnya adalah lebah madu, ulat sutra, cacing tanah, dan burung walet.


Baca juga artikel terkait SUMBER DAYA ALAM atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight