Raih Respons Positif, "Dunkirk" Rajai Puncak Box Office

Oleh: Yuliana Ratnasari - 24 Juli 2017
Dibaca Normal 1 menit
“Dunkirk” telah meraup sekitar 50,5 juta dolar AS atau sekitar Rp672,3 miliar di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.
tirto.id - Film arahan sutradara Christopher Nolan berjudul "Dunkirk" menyerbu posisi puncak box office Amerika Utara di akhir pekan pertamanya setelah mendapat respons positif dari kritikus dan menunjukkan kemampuan akting perdana penyanyi pop Harry Styles.

Dilansir dari Antara, Senin (24/7/2017), “Dunkirk” telah meraup sekitar 50,5 juta dolar AS atau sekitar Rp672,3 miliar di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, menurut pengamat industri perfilman Exhibitor Relations. Film ini dipuji oleh banyak kritikus sebagai sebuah mahakarya.

Dibintangi oleh eks personel One Direction Harry Styles, film tersebut mengisahkan kembali evakuasi 400 ribu tentara Inggris dan Perancis pada 1940 dari sebuah pantai di Perancis utara yang sedang tersudut karena bombardir pasukan Jerman.

Nolan menuturkan, kejadian pada Mei 1940 yang dieksplorasi dalam “Dunkrik” akan menjadi cerita yang menegangkan, sebab kisah yang diangkatnya belum tentu seperti film-film perang yang pernah dilihat para penonton sebelumnya.

Tidak seperti film perang lainnya yang menampilkan adegan kekerasan dan pertempuran, Nolan memilih untuk meminimalkan adegan pertumpahan darah dan menciptakan suasana film perang yang berbeda.

"Ada banyak film brilian yang memperlihatkan darah dan luka fisik serta segala aspek yang tampak menjijikkan dari perang," ujar Nolan. "Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari kemungkinan intensitasnya," tambahnya.

Untuk mencapai efek tersebut, Nolan membagi antara tiga perspektif yaitu pertempuran di udara, armada warga sipil berlayar melintasi selat dengan kapal kecil, dan tentara terdampar yang berusaha mati-matian melarikan diri.

Menjelang pemutaran perdananya, para kritikus telah memberikan sambutan hangat pada Dunkirk. Todd McCarthy dari The Hollywood Reporter menyebutnya sebagai "karya besar impresionsis", sementara Chris Nashawaty dari Entertainment Weekly menyebut “Dunkirk” sebagai "karya seni berbujet besar yang memberi kesan mendalam".

Adegan kekerasan yang terkendali dari film “Dunkirk” rupanya bukan hal satu-satunya yang ditampilkan Nolan dalam film perang tradisional itu.

Nolan mengatakan bahwa dia menginginkan “Dunkirk” untuk menyampaikan kepahlawanan komunal dibandingkan menampilkan tindakan individu pemeran utama.

Selain dibintangi Kenneth Branagh, Tom Hardy dan Mark Rylance, film ini dibuka dengan wajah pendatang baru berusia 20 tahun: Fionn Whitehead. Ia memerankan seorang tentara yang suka berkelahi dan mengalami trauma, berjuang untuk bertahan hidup.

Di bawah “Dunkirk”, film komedi vulgar "Girls Trip" yang dibintangi Queen Latifah dan istri Will Smith, Jada Pinkett Smith, yang dirilis perdana menempati posisi kedua box office dengan penjualan tiket mencapai 30,4 juta dolar AS (sekitar Rp404,7 miliar).

Peringkat ketiga sampai 10 secara berturut-turut ditempati oleh "Spider-Man: Homecoming", "War For the Planet of the Apes", "Valerian and the City of a Thousand Planets", dan "Despicable Me 3". Kemudian diikuti "Baby Driver", "The Big Sick", "Wonder Woman" dan "Wish Upon".

Baca juga artikel terkait DUNKIRK atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Film)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight