Rafael Benitez Ditawari Kontrak Mahal oleh Klub Cina Dalian Yifang

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Newcastle United, Rafael Benitez ditawari kontrak senilai 12 juta paun per tahun. Kontraknya bersama The Magpies sendiri akan berakhir pada akhir Juni mendatang.
tirto.id - Pelatih Newcastle United, Rafael Benitez ditawari kontrak senilai 12 juta paun per tahun oleh klub Liga Super Cina, Dalian Yifang. Penawaran ini menyusul ketidakjelasan nasib Benitez di St. James Park. Pelatih asal Spanyol tersebut tak kunjung memperpanjang kontraknya yang akan usai pada 30 Juni 2019.

BBC melaporkan, saat ini negosiasi internal antara pemilik The Magpies, Mike Ashley dan Rafael Benitez belum membuahkan hasil. Eks pelatih Liverpool itu disebut enggan menandatangani kontrak baru bersama Newcastle.

Menurut laporan Sky Sports, pelatih berusia 59 tahun tersebut tidak setuju dengan kebijakan klub yang dipimpin Ashley. Salah satu kebijakan yang ditentang Benitez adalah larangan merekrut pemain berusia di atas 26 tahun. Padahal, sebagaimana diwartakan Sky Sports, peraih gelar Liga Champions tahun 2005 itu ingin membawa The Magpies ke kancah Eropa.

Benitez sendiri pernah menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Newcastle pada musim panas tahun lalu. Jika pelatih Newcastle itu tidak mencapai kesepakatan dengan Mike Ashley, kontrak senilai lima juta paun per tahunnya akan berakhir 12 hari lagi.

Di sisi lain, proses akuisisi terhadap Newcastle sendiri dilaporkan sedang dalam tahap pengesahan ke pihak Liga Primer Inggris. The Magpies rencananya akan diambil alih oleh Grup Bin Zayed yang dipimpin pengusaha Uni Emirat Arab, Sheikh Khaled bin Zayed Al Nahlan. Dalam negosiasi tersebut, Ashley dilaporkan meminta 350 juta paun untuk pengambilalihan Newcastle.

Grup Bin Zayed mengklarifikasi isu tersebut lewat pernyataan resmi pada akhir Mei lalu. Dalam pernyataan tersebut, Grup Bin Zayed menyatakan bahwa proses negosiasi dengan Mike Ashley sudah selesai. Namun pengambilalihan Newcastle masih harus menunggu prosedur fit-and-proper yang dijalankan pihak Liga Primer Inggris.

"Kesepakatan sudah terjalin antara kami dan Mike Ashley; kesepakatan ini dituliskan dalam sebuah dokumen, ditandatangani oleh kedua pihak, dan telah diteruskan ke pihak Liga Primer Inggris. Bukti kesanggupan pembiayaan sudah dikirimkan ke pengacara Mike Ashley pada 17 April 2019," tulis pernyataan yang dimuat Sky Sports tersebut.

Kendati demikian, isu akuisisi Newcastle tidak melepaskan Benitez dari rumor kepindahan. Sejauh ini, selain Dalian Yifang, pelatih berkebangsaan Spanyol itu diisukan akan menjadi pengganti Maurizio Sarri di Chelsea. Namun isu tersebut dilemahkan fakta hubungan kurang baik Benitez dengan suporter Chelsea ketika ia menjadi pelatih interim The Blues pada 2012/2013.

Benitez sendiri menjadi favorit suporter Newcastle selama menangani Paul Dummett dan kolega. Datang ke St. James Park ketika The Magpies hendak terdegradasi pada Maret 2016, Benitez hanya perlu satu musim untuk membawa Newcastle kembali ke Liga Primer Inggris. Di kasta tertinggi sepakbola Inggris, Benitez membawa Newcastle finis di posisi 10 dan 13 dalam dua musim terakhir.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus