Qualcomm Rilis Snadragon 675, Fokus pada Gaming, Kamera, dan AI

Oleh: Ibnu Azis - 23 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
SOC terbaru Qualcomm, Snapdragron 675 membawa peningkatan pada kamera, mesin AI, dan pengalaman gaming.
tirto.id - Qualcomm meluncurkan Snapdragon 675 Mobile Platform dalam acara 4G/5G Summit di Hongkong, Selasa (23/10/2018). Produk SOC (system on chip) terbaru ini dirancang untuk kebutuhan tren smartphone saat ini, yakni optimasi gaming, multiple camera, dan peningkatan AI Engine.

"Dirancang dengan kemampuan gaming canggih, kinerja kamera yang luar biasa, dan Mesin AI multi-core, smartphone berbasis Snapdragon 675 akan menghadirkan pengalaman baru kepada konsumen secara global," ujar Kedar Kondap selaku Vice President Product Management Qualcomm Technologies dalam keterangan resmi, Selasa siang.

Snapdragon 675 diklaim menghasilkan gameplay halus dengan frame rate tinggi di sektor gaming. Qualcomm, menurut Kondap, juga bekerja sama dengan para pengembang game untuk memberikan pengalaman maksimal kepada pengguna, seperti Unity, Unreal, Messiah, and NeoX. Selain itu, Qualcomm mendukung pula API populer termasuk Vulkan, OpenGL 3.2, dan OpenCL.

Qualcomm Spectra seri 200 ISP di sektor kamera dimungkinkan menangkap gambar dan video dalam kualitas profesional baik itu siang dan malam dengan bantuan AI. Snapdragon 675 juga mendukung konfigurasi tiga kamera di depan atau belakang, baik itu lensa telefoto, sudut lebar, termasuk mode potret (bokeh) yang ditingkatkan. Selain itu, chip ini menawarkan video slo-mo tanpa batas yang mampu merekam klip kualitas HD.

Terakhir, multi-core AI Engine Snapdragon 675 membawa peningkatan 50 persen di apikasi AI. Mesin AI multi-core ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan perangkat untuk memperoleh informasi dan menjadi asisten pribadi utama, seperti mengambil foto dan video, belajar dan beradaptasi dengan suara pengguna, serta mengoptimalkan masa pakai baterai.

Melalui komputasi heterogen, Hexagon DSP, Adreno GPU, dan Kryo CPU, Snapdragon 675 dirancang bekerja secara kooperatif untuk menjalankan aplikasi AI lebih cepat dan efisien. Selain itu, dukungan AI Engine di Snapdragon 675 termasuk untuk kamera (deteksi adegan dan objek, transfer gambar, portrait relighting), keamanan (face unlock, payment security), suara dan terjemahan.

Sebelumnya, Qualcomm pada Agustus lalu memperkenalkan Snapdragon 670 yang merupakan chipset pertama dari seri 600 yang telah dibekali AI Engine. Sementara Snapdragon 675 menurut Kondap dijadwalkan bakal mulai digunakan oleh para vendor smartphone pada kuartal pertama tahun 2019 mendatang.


Baca juga artikel terkait SNAPDRAGON atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis