Indeks Hak-hak Konsumen

Menyoal Somasi Es Teh Indonesia & Hak Konsumen yang Terabaikan
Kesra
Rabu, 28 Sept 2022

Menyoal Somasi Es Teh Indonesia & Hak Konsumen yang Terabaikan

YLKI menilai sekeras apa pun kritik dari konsumen, idealnya pelaku usaha tak perlu menyerang balik dengan somasi.
Klinik L'Viors Dilaporkan Atas Dugaan Pelanggaran UU Kesehatan
Hard news
Sabtu, 11 Sept 2021

Klinik L'Viors Dilaporkan Atas Dugaan Pelanggaran UU Kesehatan

Konsumen Stella Monica melaporkan balik klinik kecantikan L'Viors atas dugaan pelanggaran UU Kesehatan dan UU Perlindungan Konsumen.
Duduk Perkara Konsumen GoSend Tak Terima Barang Pesanan 1,5 Tahun
Current issue
Kamis, 7 Nov 2019

Duduk Perkara Konsumen GoSend Tak Terima Barang Pesanan 1,5 Tahun

Gojek mempersilakan Gunaris --konsumen GoSend-- untuk mengambil laptop dia di kantor Gojek atau membalas pesan untuk memberikan alamat.
Bagaimana Perusahaan Mengkriminalisasi Reviewer demi Rating Bagus
Mild report
Kamis, 18 Juli 2019

Bagaimana Perusahaan Mengkriminalisasi Reviewer demi Rating Bagus

Seorang Youtuber pengulas pelayanan maskapai penerbangan dilaporkan ke polisi setelah mengkritik pelayanan penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia.
Konsumen Tak Dilindungi, BPKN Usul Bisnis Digital Disetop Sementara
Hard news
Selasa, 9 Apr 2019

Konsumen Tak Dilindungi, BPKN Usul Bisnis Digital Disetop Sementara

BPKN mengusulkan aktivitas sejumlah bisnis digital dihentikan sementara karena belum ada regulasi yang tegas melindungi para konsumennya. 
Buka Harkonas 2019, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi
Hard news
Selasa, 19 Mar 2019

Buka Harkonas 2019, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi

Ridwan Kamil berharap konsumen lebih cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa, karena itu edukasi harus lebih ditingkatkan agar konsumen paham hak dan kewajibanya.
Ada Korban Tak Tercatat di Manifes Lion Air, Asuransinya Bisa Cair?
Current issue
Kamis, 1 Nov 2018

Ada Korban Tak Tercatat di Manifes Lion Air, Asuransinya Bisa Cair?

Pertanyaan ini muncul karena Arif Yusman, salah seorang penumpang yang menjadi korban, tak tercatat dalam manifes yang dirilis Lion Air.
Belajar dari Pencantuman Kandungan Susu Kental Manis di AS
Mild report
Kamis, 12 Juli 2018

Belajar dari Pencantuman Kandungan Susu Kental Manis di AS

Berlindung dalam dalih "susu," produk kental manis telah mengelabui konsumen Indonesia selama puluhan tahun.
Belajar dari Kebijakan Pengembalian Barang di IKEA
Mild report
Rabu, 20 Jun 2018

Belajar dari Kebijakan Pengembalian Barang di IKEA

Kebijakan pengembalian/penukaran barang yang luwes justru memperbesar tingkat loyalitas pelanggan.

 

Ada Hak Konsumen Terlanggar dalam Kasus 'Sniper Batu'
Current issue
Minggu, 10 Jun 2018

Ada Hak Konsumen Terlanggar dalam Kasus 'Sniper Batu'

Konsumen jalan tol, yang harus bayar kalau mau masuk itu, berhak atas jalanan yang aman. Kalau tidak, maka itu sama saja dengan pelanggaran hak-hak mereka.
Nasib Bangunan Mewah Pulau D di Tengah Sengketa Reklamasi Jakarta
Current issue
Sabtu, 9 Jun 2018

Nasib Bangunan Mewah Pulau D di Tengah Sengketa Reklamasi Jakarta

Selama kurun delapan bulan berlalu, banyak perubahan di pulau tersebut. Deretan rukan yang dulu masih rangka kini sudah berbentuk bangunan megah.
Kasus Ban Cadangan Berujung Gugatan Konsumen Terhadap Nissan
Current issue
Jumat, 8 Jun 2018

Kasus Ban Cadangan Berujung Gugatan Konsumen Terhadap Nissan

Pengacara David Tobing menilai Nissan dan Kementerian Perhubungan melanggar hukum karena memberikan sertifikat uji tipe bagi mobil yang tak dilengkapi ban cadangan dan tempatnya.
OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Tingkatkan Transparansi Informasi
Hard news
Kamis, 26 Apr 2018

OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Tingkatkan Transparansi Informasi

OJK meminta keterbukaan informasi tentang produk jasa keuangan ditingkatkan agar hak-hak konsumen terlindungi dan persaingan di antara penyedia layanan menjadi lebih sehat.
Koosmariam Tersiram Teh Panas Sampai Mati Rasa di Pesawat Garuda
Current issue
Kamis, 12 Apr 2018

Koosmariam Tersiram Teh Panas Sampai Mati Rasa di Pesawat Garuda

B.R.A. Koosmariam Djatikusumo menggugat perusahaan plat merah itu karena merasa tidak diperhatikan.
Delay Penerbangan Harus Dianggap Masalah Serius
Current issue
Jumat, 6 Apr 2018

Delay Penerbangan Harus Dianggap Masalah Serius

Gugatan terhadap maskapai penerbangan ini bukan pertama kalinya. David telah mulai memperkarakan delay pesawat saat berperkara dengan Wings Air pada 2007.
Penumpang Taksi Online Dibunuh, Rekrutmen Driver Harus Ketat
Current issue
Selasa, 27 Mar 2018

Penumpang Taksi Online Dibunuh, Rekrutmen Driver Harus Ketat

Perusahaan penyedia transportasi daring harus mengevaluasi sistem rekrutmen agar tindakan kriminal yang bisa melibatkan para mitra bisa dicegah.
BPKN Minta Konsumen Lebih Teliti Saat Beli Rumah
Hard news
Kamis, 25 Jan 2018

BPKN Minta Konsumen Lebih Teliti Saat Beli Rumah

BPKN meminta konsumen teliti saat membeli rumah karena sejak September 2017, sudah ada 10 aduan soal mesalah perumahan.
BPKN Banyak Terima Aduan Soal Perumahan Sejak September 2017
Hard news
Kamis, 25 Jan 2018

BPKN Banyak Terima Aduan Soal Perumahan Sejak September 2017

BPKN beranggapan terjadinya pelanggaran hak-hak konsumen di sektor perumahan muncul karena tidak adanya sistem pengawasan yang memadahi.
YLKI: Pelanggaran Hak Konsumen Umrah dan Haji Tertinggi di 2017
Current issue
Jumat, 19 Jan 2018

YLKI: Pelanggaran Hak Konsumen Umrah dan Haji Tertinggi di 2017

Pelanggaran hak konsumen haji dan umrah ditengarai karena Kementerian Agama lalai mengawasi.
YLKI Sebut Lazada Paling Banyak Terima Aduan Belanja Online
Hard news
Jumat, 19 Jan 2018

YLKI Sebut Lazada Paling Banyak Terima Aduan Belanja Online

YLKI mencatat sepanjang 2017 terdapat 642 aduan umum pelanggaran hak-hak konsumen, dan belanja online menempati posisi kedua dengan 16 persen aduan.