Putra Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi Meninggal Dunia

Oleh: Yantina Debora - 5 September 2019
Anak bungsu eks presiden Mesir Muhammad Mursi meninggal dunia.
tirto.id - Putra bungsu dari mantan presiden Mesir Muhammad Mursi meninggal dunia pada hari Rabu (5/9/2019) karena serangan jantung. Hal itu disampaikan seorang pengacara keluarga kepada kepada Reuters.

Dikutip dari Reuters, Abdullah Mursi (24) dilaporkan mulai merasakan kejang-kejang saat mengemudi di Kairo. Ia meningggal tak lama setelah itu, kata saudaranya Ahmed.

Setelah kematian ayahnya, Abdullah menuduh beberapa pejabat tinggi Mesir, termasuk Menteri Dalam Negeri Mahmoud Tawfiq, Majdi Abdel Ghaffar dan hakim Mohamed Shereen Fahmy sebagai "kaki tangan" dalam "pembunuhan" ayahnya.


Muhammad Mursi (67) terpilih sebagai presiden Mesir pada 2012 dalam pemilihan umum pertama di negara itu setelah penggulingan otokrat Hosni Mubarak pada 2011.

Dikutip dari Al Araby, kudeta militer menggulingkan Morsi pada 2013 setelah protes besar-besaran. Militer, yang dipimpin oleh menteri pertahanan saat itu Abdel Fattah al-Sisi, menangkap para pemimpin Ikhwanul Muslimin termasuk Mursi.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintah Mesir menahan Mursi dalam kondisi tidak manusiawi di penjara dan menolaknya merawat penyakit diabetes yang dialami Mursi.

Baca juga artikel terkait BERITA DUKA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight