Putra Mahkota Saudi Tiba di India Guna Membahas Investasi Energi

Oleh: Yantina Debora - 20 Februari 2019
Putra Mahkota Arab Saudi dan PM India bakal membahas soal Perdagangan dan investasi, pertahanan dan keamanan, termasuk kontraterorisme dan energi.
tirto.id - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di India guna membahas soal kesepakatan dagang dan investasi energi, Selasa (19/2/2019).

Dikutip dari Aljazeera, tujuan kunjungan Pangeran Mohammed ke India guna meningkatkan hubungan bilateralnya dengan sekutu-sekutu Asia.

Hari ini Rabu (20/2/2019), Putra Mahkota diperkirakan bakal mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

"Perdagangan dan investasi, pertahanan dan keamanan, termasuk kontraterorisme dan energi terbarukan bakal dibahas selama pertemuan Putra Mahkota dan modi," kata kementerian luar negeri India.

Dua pemimpin negara ini juga bakal membahas soal investasi raksasa energi Aramco Saudi di India, termasuk sejumlah proyek di pantai barat India senilai 44 miliar dolar AS.


Hubungan India dan Arab Saudi kian erat dalam dua dekade terakhir. Kerajaan Saudi menjadi mitra dagang terbesar keempat India dengan nilai 28 miliar dolar AS.

Putra Mahkota bakal berada di India selama dua hari. Sebelumnya, ia juga berkunjung ke Pakistan.

Dikutip dari AP News, Senin (18/2/2019) dalam kunjungannya, Pangeran Mohammed menandatangani kerja sama dan investasi 20 miliar dolar AS dengan Pakistan.

Arab Saudi bakal berinvestasi di sektor energi termasuk membangun kilang minyak di Pakistan dekat perbatasan dengan Iran.

Tak hanya dua negara Asia selatan itu, dalam laporan Channel News Asia, Putra Mahkota juga akan mengunjungi Indonesia, Malaysia dan Cina.


Baca juga artikel terkait INVESTASI ARAB SAUDI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Ekonomi)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH