Putra Amien Rais, Hanafi Rais Mundur Dari Kepengurusan PAN & DPR RI

Oleh: Mohammad Bernie - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hanafi Rais saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Umum PAN dan Ketua Fraksi PAN di DPR RI.
tirto.id - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais dikabarkan mundur dari kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025. Tak hanya mundur dari kepengurusan DPP PAN, putra senior PAN Amien Rais itu juga menyatakan mundur dari Ketua Fraksi PAN DPR dan mundur dari anggota DPR RI 2019-2024.

Kabar mundurnya Hanafi ini muncul setelah adanya surat pengunduran diri bertandatangan Hanafi Rais beredar pada Selasa (5/5/2020).

"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," tulis Hanafi dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto, Selasa (5/5/2020).

Dalam suratnya tersebut, Hanafi mengatakan harapannya agar nasib PAN setelah Kongres V tetap bisa menegakan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan kader. Sebab, menurut Hanafi PAN melewati Kongres yang dinilai sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai.

"Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses Kongres yang sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini," tulisnya.

Hanafi menyebut PAN saat ini cenderung konformitas terhadap kekuasaan. Berbeda sikap dengan kader PAN yang berharap partai berlambang matahari itu menjadi antitesis dari pemegang kekuasan.

Reporter Tirto mencoba menghubungi Hanafi Rais tetapi belum mendapatkan jawaban konfirmasi atas kebenaran surat tersebut. Kabar ini baru dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Asri Anas yang mengklaim sudah mendapatkan konfirmasi dari Hanafi.

"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti disurat," kata Asri Anas, Selasa (5/5/2020).

Meski begitu, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengaku belum menerima surat resmi pengunduran Hanafi dari PAN. Ia tak percaya bila Hanafi memutuskan mundur dari PAN.

"Saya belum tahu kebenarannya tapi saya yakin enggak mungkin Mas Hanafi mundur," kata Yandri saat dihubungi Tirto pada Selasa (5/5/2020).

Tak cuma Yandri, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno saat dihubungi juga mengaku belum mendengar kabar ini. Pihaknya juga belum menerima surat pengunduran diri dari Hanafi Rais. Meski begitu, Eddy menghormati bila memang benar Hanafi ingin mundur dari pengurus DPP PAN dan anggota DPR RI.

"Pada prinsipnya kami menghormati sikap dan keputusan setiap kader PAN dalam membaktikan dirinya kepada partai dan masyarakat, baik di dalam struktur partai maupun di luar. Kami percaya bahwa setiap insan politik dapat berbakti dan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat sesuai dengan cara yang dianggap terbaik bagi dirinya masing-masing," kata Eddy saat dihubungi, Selasa (5/5/2020).


Baca juga artikel terkait PARTAI AMANAT NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Bayu Septianto
DarkLight