Puskesmas Tanah Abang Siap Fasilitasi Rizieq Tes Usap COVID-19

Reporter: - 23 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Puskesmas Tanah Abang siap memeriksakan kesehatan Rizieq Shihab, termasuk bila Rizieq mau dilakukan tes usap COVID-19.
tirto.id - Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menyatakan kesiapannya memeriksa kesehatan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab jika diperlukan.

Rizieq telah diimbau oleh pihak kepolisian untuk memeriksakan kesehatan dirinya, lantaran baru datang dari luar negeri dan terjadi keramaian pada hari akad pernikahan anaknya. Pemeriksaan kesehatan ini termasuk tes usap (swab test) COVID-19.

Meski telah siap, namun Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan belum mengetahui jadwal pemeriksaan terhadap Rizieq Shihab.

"Pada intinya, kami siap jika diperlukan untuk periksa HRS. Kami juga belum tahu, apakah HRS sudah pernah atau belum periksa 'swab test' sebelum datang ke Indonesia," kata Erizon di Jakarta, Senin (23/11/2020) dilansir dari Antara.

Kerumunan terjadi di sejumlah titik setelah pentolan FPI Rizieq Shihab pulang ke Indonesia. Mulai dari kerumunan saat penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, hingga acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat.

Akibatnya, kata Erizon angka kasus positif COVID-19 di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat meningkat setelah Puskesmas setempat melakukan pelacakan atau "tracing" di sekitar permukiman penduduk.

"Setelah empat hari kita lakukan tracing [pelacakan] langsung terlihat adanya penambahan kasus COVID-19," kata Erizon.

Erizon mengatakan dari empat hari penelusuran pada kontak terdekat Lurah Petamburan Setiyanto di kawasan tersebut, 20 orang didapati positif COVID-19.

"Penambahan [kasus] bukan hanya dari orang terdekat Lurah Petamburan saja, tapi dari warga juga ada yang positif COVID-19," ujarnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto sebelumnya menyebut Rizieq bersedia menjalani tes usap COVID-19 setelah dikabarkan jatuh sakit beberapa hari setelah keramaian di hari pernikahan anaknya.

“Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri,” ujar Heru di Jakarta, Minggu (22/11/2020), dikutip dari Antara.

Heru mengatakan personel dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu (21/11/2020). Hal itu dilakukan setelah polisi mendapat informasi bahwa Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19.

Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah. Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas pemerintah.



Baca juga artikel terkait KERUMUNAN MASSA RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight