Puncak Arus Balik, Penumpang Bandara Soetta Capai 150 Ribu Orang

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 9 Mei 2022 10:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pergerakan penumpang terbanyak selama arus balik lebaran 2022 berada di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.
tirto.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencatat jumlah tertinggi penumpang yang dilayani Bandara Soekarno Hatta pada puncak arus balik, Minggu (8/5/2022). Budi menyebut jumlah itu merupakan yang tertinggi sejak masa pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Bergerak baik penumpang datang dan pergi sekitar 150.000 orang. Dari catatan, ada 1.130 pergerakan pesawat,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (9/5/2022).

Dalam keterangan yang sama, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin pergerakan penumpang terbanyak selama arus balik lebaran Idulfitri 2022 berada di Terminal 2.

"Paling tinggi ada di Terminal 2 sebanyak 70.000 orang, kemudian Terminal 3 sebanyak 50.000 orang dan Terminal 1 sebanyak 30.000 orang,” kata Awaluddin.

Dia mengatakan AP II selaku pengelola bandara berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yaitu maskapai, operator ground handling, AirNAv Indonesia, TNI dan Polri, Otoritas Bandara, Bea dan Cukai, Imigrasi dan karantina.

“AP II berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan penumpang pesawat yang telah turut menyukseskan penyelenggaraan angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh bandara AP II,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Sigit Dany Setiyono memastikan situasi bandara dalam keadaan aman dan kondusif selama mudik lebaran 2022. Ia mengklaim peningkatan jumlah penerbangan di Soetta dikelola dengan baik.

"Koordinasi dilakukan Satgas Udara Penanganan COVID-19, TNI, Polri, maskapai, serta juga memberikan pelayanan kesehatan, vaksinasi booster, fasilitas istirahat. Sampai saat ini tidak ada kejadian serius," kata Sigit.

Tak hanya penerbangan domestik, peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada penerbangan internasional di Soetta. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Finari Manan.

"Biasanya 30-44 penerbangan kedatangan internasional per hari, meningkat hari ini (Minggu, 8 Mei 2022) sampai 55 kedatangan internasional," kata Finari.

Pada periode H-10 hingga H+4 Idulfitri atau 20 April-7 Mei 2022, jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II menembus 2,9 juta orang dengan pergerakan pesawat 23.478 penerbangan.


Baca juga artikel terkait BANDARA SOEKARNO-HATTA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight